foto
SOPHIA NOVITA, S.I.KOM., M.I.KOM.

UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

NIK D190800
NIDN/NIDK 0418119301
Jabatan Struktural Sekretaris Badan Penjamin Mutu Fakultas Ilmu Komunikasi
Jabatan Fungsional LEKTOR
Fakultas Ilmu Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi
Email sophia.novita@unisba.ac.id

174.5

Skor SINTA v3 Keseluruhan

116.75

Skor SINTA v3 3 Tahun

177.5

Skor Afiliasi v3 Keseluruhan

119.75

Skor Afiliasi v3 3 Tahun
  • 1. Penelitian

  • 1 KOMUNIKASI MITIGASI BENCANA DALAM MENGEDUKASI SISWA DI WILAYAH RAWAN BENCANA PATAHAN LEMBANG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : HIBAH PENELITIAN FAKULTAS
    Pimpinan : TRESNA WIWITAN
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    2 SURVEI PREFERENSI PEMBACA MEDIA CETAK KORAN DALAM KONTEKS PERUBAHAN INFORMASI DIGITAL (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF KHALAYAK HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT DI JAWA BARAT)
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN PEMULA
    Pimpinan : FIRMANSYAH
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    3 STRATEGI DESTINATION BRANDING WADUK JATILUHUR SEBAGAI WISATA AIR UNGGULAN DI JAWA BARAT
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN MANDIRI
    Pimpinan : FIRMANSYAH
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    4 STRATEGI PEMULIHAN CITRA DESTINASI WISATA PASCA BENCANA TSUNAMI SELAT SUNDA (STUDI KASUS PEMULIHAN CITRA DESTINASI WISATA PASCA BENCANA TSUNAMI DI PANTAI TANJUNG LESUNG BANTEN
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN MUDA
    Pimpinan : SOPHIA NOVITA
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
  • 2. Pengabdian

  • 1 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PENERBIT SALMAN ITB MENJADI MEDIA DAKWAH YANG KOMPETEN DAN KOMPETITIF
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
    2 KOMUNIKASI MITIGASI BENCANA UNTUK PEMBINA PRAMUKA DI SMA WILAYAH SESAR LEMBANG (KERJASAMA DENGAN BANDUNG MITIGASI HUB)
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    3 PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA VISUAL BERBASIS DIGITAL DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN TEACHERPRENEURSHIP GURU PAUD
    Fokus : Sosial Humaniora, Pendidikan, Seni, Dan Budaya
    Skema : Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat
    Tahun Pengajuan : 2023 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    4 CRAFTING ACADEMIC ACHIEVEMENT: A COMPREHENSIVE APPROACH TO ELEVATING ACADEMIC WRITING PROFICIENCY
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORASI LUAR NEGERI
    Tahun Pengajuan : 2023 - 2024
    Tahun Implementasi : 2024
  • 3. Publikasi

  • 3.1. Schoolar
    1 Manuscript Acceptance notification
    Jurnal :
    Penulis : DF Darmawan, A Hakim, YW Cholifah, S Novita
    2 Barriers in Marketing Public Relations and Narrative Paradigm Theory
    Jurnal : Profetik: Jurnal Komunikasi 17 (1), 0
    Penulis : S Novita, T Wiwitan, N Yulianita
    3 Sophia Novita. Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 16; 55–60
    Jurnal :
    Penulis : MAW Utama
    4 Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang NAPZA Dengan Sikap Remaja Tentang Penyalahgunaan NAPZA di SMK Negeri 4 Bondowoso
    Jurnal : Journal Kesehatan, 2012
    Penulis : S Novita
    5 Karakteristik Komposisi Dan Stratifikasi Vegetasi Strata Pohon Komunitas Riparian Di Kawasan Hutan Wisata Rimbo Tujuh Danau Kabupaten Kampar Provinsi Riau
    Jurnal :
    Penulis : S Novita
    6 Hubungan Antara Terpaan Informasi Kecelakaan Air Asia dengan Sikap Mahasiswa
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 477-482, 2015
    Penulis : S Novita, N Yuliati
    7 Media Massa, Etika Komunikasi dan Perkembangan Teknologi
    Jurnal : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2021
    Penulis : S Kusdiyati, TD Djamhoer, SR Hamdan, AN Khasanah, AN Permatasari, ...
    8 STRATEGI DESTINATION BRANDING WADUK JATILUHUR SEBAGAI WISATA AIR UNGGULAN DI JAWA BARAT
    Jurnal : Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (01), 1-27, 2021
    Penulis : S Novita, F Firmansyah
    9 Model Dialogis Dalam Komunikasi Pelayanan Perguruan Tinggi Swasta Di Masa Pandemi Covid-19
    Jurnal : Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis …, 2022
    Penulis : T Wiwitan, N Yulianita, S Novita
    10 Manajemen Krisis Objek Wisata Sari Ater dalam Menghadapi Pandemi Covid-19
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 350-359, 2022
    Penulis : S Novita
    11 Peran PR dalam Mengembangkan Pariwisata melalui Instagram@ Disparciamis
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 318-324, 2022
    Penulis : IK Gifary, S Novita
    12 Digital Literacy of Muslim Millennials in Persis Jabar
    Jurnal : 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 88-91, 2022
    Penulis : RR Kusumalestari, Y Yuniati, DW Putri, YW Cholifah, S Novita
    13 Preference Survey of Newspaper Readers in the Digital Era
    Jurnal : 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 338-343, 2022
    Penulis : F Firmansyah, S Novita, DW Putri, A Rachmiatie, SS Kurnia, A Sobur
    14 What we did in Tanjung Lesung after the 2018 Tsunami: Case study on image restoration of Tanjung Lesung destinations after the 2018 Tsunami
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 548-552, 2022
    Penulis : AY Asgha, S Novita, F Firmansyah
    15 Supporting Salman ITB Publisher to become a competent and competitive Da'wah media
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 540-547, 2022
    Penulis : AN Permatasari, AY Asgha, A Satriani, S Novita
    16 How the Print Media Industry Survived in the Digital Era
    Jurnal : Jurnal ASPIKOM 7 (1), 1-15, 2022
    Penulis : F Firmansyah, S Novita, A Rachmiatie, A Sobur, DW Putri
    17 Konsep Pengembangan Kawasan Pariwisata sebagai Upaya Meningkatakan Promosi Pariwisata di Provinsi Aceh
    Jurnal : ArtComm 6 (1), 1-8, 2023
    Penulis : AY Asgha, S Novita
    18 Sophia Novita. Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 16; 55–60
    Jurnal :
    Penulis : MAW Utama
    19 Program Corporate Social Responsibility pada Perusahaan BUMN
    Jurnal : Jurnal Riset Public Relations 3 (2), 2023
    Penulis : SS Nurzaman, S Novita
    20 Communication of Private University Services During the Covid-19 Pandemic
    Jurnal : KnE Social Sciences, 1374–1381-1374–1381, 2023
    Penulis : T Wiwitan, N Yulianita, S Novita
    21 Peran PR PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung dalam Program Corporate Social Responsibility
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (2), 871-877, 2023
    Penulis : SCRNA Priono, S Novita
    22 Why Tourist Destinations Are Hard to Survive After Disaster? Case Study of Communication Barrier in the Tanjung Lesung Special Economic Zones (SEZ) Stakeholders
    Jurnal : Jurnal Riset Komunikasi 6 (2), 91-109, 2023
    Penulis : S Novita, F Firmansyah, AY Asgha
    23 Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram
    Jurnal : Jurnal Riset Public Relations, 55-60, 2023
    Penulis : MAW Utama, S Novita
    24 Strategi Humas Jawa Barat Dalam Membangun Citra Melalui Konten Instagram
    Jurnal : Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 61-68, 2024
    Penulis : FKN Athifah, S Novita
    25 Barriers in Marketing Public Relations and Narrative Paradigm Theory
    Jurnal : Profetik: Jurnal Komunikasi 17 (1), 2024
    Penulis : S Novita, T Wiwitan, N Yulianita
    26 Media Digital Publicity dalam Membangun Eksistensi Karya Musik Tradisi Melayu Baru
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 4 (1), 218-223, 2024
    Penulis : SYG Gemilang, S Novita
    27 Konten Serial Sebagai Media Informasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Bandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 4 (1), 26-31, 2024
    Penulis : KN Lukmansyah, S Novita
    28 Student Caricatures: A Teaching Tool For Character Development
    Jurnal : Educational Administration: Theory and Practice 30 (4), 4441-4454, 2024
    Penulis : F Darmawan, A Hakim, YW Cholifah, S Novita
    29 Strategi Humas Jawa Barat Dalam Membangun Citra Melalui Konten Instagram (Studi Deskriptif Pada Tagar# JabarJuaraLahirBatin di Instagram@ Humas_Jabar)
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 4 (1), 2024
    Penulis : FKN Athifah, S Novita, SI Kom, MI Kom
    30 MEDIA DIGITAL PUBLICITY DALAM MEMBANGUN EKSISTENSI KARYA MUSIK TRADISI MELAYU BARU (Studi Kasus Pada Group Music Riau Rhyhthm)
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 4 (1), 2024
    Penulis : SYG Gemilang, S Novita, S Ikom, M Ikom
    31 Pelatihan Komunikasi Mitigasi Bencana untuk Pembina Pramuka di Wilayah Sesar Lembang
    Jurnal : PROFICIO 5 (1), 24-30, 2024
    Penulis : S Novita, T Wiwitan, N Yulianita
  • 3.2. Scopus

    (data tidak ditemukan)

  • 3.3. WoS (Web of Science)

    (data tidak ditemukan)

  • 3.4. Buku
    1 Media Massa, Etika Komunikasi dan Perkembangan Teknologi
    Kategori : buku monograf
    Penulis : Sulisworo Kusdiyati, Temi Damayanti Djamhoer, Stephani Raihana Hamdan, Andhita Nurul Khasanah, Andalusia Neneng Permatasari, Arba'iyah Satriani, Ashabul Yamin Asgha, Sophia Novita
    Penerbit : UPT. Publikasi Ilmiah Universitas Islam Bandung, Bandung, 2021
  • 3.5. Garuda
    1 STRATEGI DESTINATION BRANDING WADUK JATILUHUR SEBAGAI WISATA AIR UNGGULAN DI JAWA BARAT
    Penerbit : COMMUNICATION MAJOR, 2021
    2 Peran Public Relations dalam Corporate Social Responsibility (Csr) PT. Brodo Ganesha Indonesia
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    3 MODEL DIALOGIS DALAM KOMUNIKASI PELAYANAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI MASA PANDEMI COVID-19
    Penerbit : Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2022
    4 Manajemen Krisis Objek Wisata Sari Ater dalam menghadapi Pandemi Covid-19
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    5 Peran PR dalam Mengembangkan Pariwisata melalui Instagram @Disparciamis
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    6 How the Print Media Industry Survived in the Digital Era
    Penerbit : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM), 2022
    7 Program Corporate Social Responsibility pada Perusahaan BUMN
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2023
    8 Peran PR PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung dalam Program Corporate Social Responsibility
    Penerbit : UNISBA Press, 2023
    9 Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2023
    10 Why Tourist Destinations Are Hard to Survive After Disaster? Case Study of Communication Barrier in the Tanjung Lesung Special Economic Zones (SEZ) Stakeholders
    Penerbit : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau, 2023
    11 Konsep Pengembangan Kawasan Pariwisata sebagai Upaya Meningkatakan Promosi Pariwisata di Provinsi Aceh
    Penerbit : , 2023
    12 Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram
    Penerbit : UNISBA Press, 2023
    13 Strategi Humas Jawa Barat dalam Membangun Citra Melalui Konten Instagram
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2024
    14 Pola Komunikasi Antarpribadi Pelatih dan Atlet dalam Membangun Motivasi Berolahraga Atlet Junior
    Penerbit : UNISBA Press, 2024
    15 Strategi Manajemen Komunikasi Ardan Radio dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar di Era New Media
    Penerbit : UNISBA Press, 2024
    16 Pemanfaatan Smiling West Java Ambassador dalam Promosi Pariwisata melalui Media Sosial
    Penerbit : UNISBA Press, 2024
    17 Media Digital Publicity dalam Membangun Eksistensi Karya Musik Tradisi Melayu Baru
    Penerbit : UNISBA Press, 2024
    18 Pelatihan Komunikasi Mitigasi Bencana untuk Pembina Pramuka di Wilayah Sesar Lembang
    Penerbit : FKIP UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA, 2024
    19 Konten Serial Sebagai Media Informasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Bandung
    Penerbit : UNISBA Press, 2024
  • 4. Matakuliah - Dosen Mengajar TA 2024/2025

  • 4.1. Semester Ganjil
    1 HAC202 - Metode Penelitian Komunikasi
    SKS : 4
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : F
    2 HAC202 - Metode Penelitian Komunikasi
    SKS : 4
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : G
    3 HAC302 - Identitas dan Reputasi Korporat
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : B
    4 HAC335 - Komunikasi Pariwisata
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : A
    5 HAC492 - Seminar Proposal
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : BA
    6 HAC493 - Skripsi
    SKS : 6
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : BA
  • 4.2. Semester Genap
    1 CCC312 - Literasi Digital
    SKS : 2
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    2 HAC223 - Multimedia Konten Kreator
    SKS : 4
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : D
    3 HAC307 - Riset Profesi Komunikasi
    SKS : 4
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : C