foto
DR. MASNIPAL, S.PD., M.PD.

UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

NIK D180754
NIDN/NIDK 0415046304
Jabatan Struktural -
Jabatan Fungsional LEKTOR KEPALA
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Program Studi PG PAUD
Email masnipal@unisba.ac.id

150.5

Skor SINTA v3 Keseluruhan

81

Skor SINTA v3 3 Tahun

150.5

Skor Afiliasi v3 Keseluruhan

81

Skor Afiliasi v3 3 Tahun
  • 1. Penelitian

  • 1 MODEL POSITIVE PARENTING ISLAMI UNTUK MENGEMBANGKAN EARLY CHILDHOOD WELLBEING KELUARGA MUSLIM
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN UTAMA
    Pimpinan : ERHAMWILDA
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    2 PROPHETIC PARENTING UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI KELUARGA PADA ANAK DI MASA PANDEMI COVID
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : HIBAH FAKULTAS
    Pimpinan : DINAR NUR INTEN
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    3 MODEL KEGIATAN PARENTING ADAPTIF MASA PANDEMI DI PAUD KOTA BANDUNG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN UTAMA
    Pimpinan : ENOH
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    4 KONSTRUKSI ORIGAMI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK USIA DINI
    Fokus : KESEHATAN DAN OBAT-OBATAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN MUDA
    Pimpinan : RESPITAWULAN
    Tahun Pengajuan : 2018 - 2019
    Tahun Implementasi : 2019
  • 2. Pengabdian

  • 1 PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI RENCANA PEMBELAJARAN DI PAUD DI KELURAHAN TAMANSARI KECAMATAN BANDUNG WETAN KOTA BANDUNG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    2 PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI YOUCUT DAN CANVA UNTUK PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI PAUD BANDUNG WETAN KOTA BANDUNG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2021 - 2022
    Tahun Implementasi : 2022
    3 PELATIHAN SEKOLAH AMAN BENCANA SESAR LEMBANG DI PAUD KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    4 PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN FUNCALISTUNG CAHAYA INDONESIA; PKM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, BANJARAN KABUPATEN BANDUNG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2023 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    5 PELATIHAN PEMBUATAN HANDCRAFT BUKET SNACK UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DESA PAKUHAJI RW 8
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PKM KKN FAKULTAS
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    6 MEWUJUDKAN DESA PAKUHAJI RW 8 YANG BERSIH DAN SEHAT MELALUI PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH TERINTEGRASI
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2023 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    7 MEWUJUDKAN DESA PAKUHAJI RW 8 YANG BERSIH DAN SEHAT MELALUI PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH TERINTEGRASI
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PKM KKN FAKULTAS
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    8 PKM BERKELANJUTAN : MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QURAN DI RW 8 DESA PAKUHAJI DENGAN METODE FATHURRAHMAN
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PKM KKN FAKULTAS
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
  • 3. Publikasi

  • 3.1. Schoolar
    1 Bunga Rampai Jawa Barat
    Jurnal : Bandung Wahana Citra Nusantara, 1991
    Penulis : Masnipal
    2 KARAKTERISTIK GURU PENDIDIKAN SISWA BERBAKAT: Studi Deskriptif terhadap Pendapat Siswa dan Guru Program Percepatan Belajar pada Jenjang Pendidikan SMA di Bandung
    Jurnal : Universitas Pendidikan Indonesia, 2004
    Penulis : M Masnipal
    3 Siap Menjadi Guru & Pengelola PAUD Profesional
    Jurnal : Elex Media Komputindo, 2013
    Penulis : MP Masnipal
    4 Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional
    Jurnal : http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/17164 1 (2013), 354, 2013
    Penulis : Masnipal
    5 Model Pengembangan Kreativitas melalui Permainan Konstruktif dalam Proses Pendidikan Anak Usia Dini
    Jurnal : Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam; http://ejournal.unisba.ac.id/index.php …, 2016
    Penulis : M Masnipal
    6 Analisis Terhadap Pembelajaran dengan Permainan MoBIS BASIC dalam meningkatkan kemampuan Motorik halus pada anak usia 5-6 tahun
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 1-7, 2017
    Penulis : EQ Tartila, M Masnipal
    7 Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengembangan Sosioemosional Anak Usia Dini di PAUD Se-Kecamatan Sumur Bandung
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2017
    Penulis : TR Lukman, M Marhun, D Surana
    8 Peningkatan Kemampuan Berbahasa (Keaksaraan) mengenal Huruf Menggunakan Permainan Kartu Huruf pada Anak Kelompok B PAUD TAMAN CERIA Gg. Banceuy Kota Bandung
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 14-18, 2017
    Penulis : A Harumi, M Marhun, A Sobarna
    9 Profesional
    Jurnal : Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018
    Penulis : MGP Masnipal, P Menjadi Guru
    10 Permasalahan Sosial Emosi Anak Usia Dini dan Upaya Guru dalam Mengatasinya (Studi Deskriptif terhadap Taman Penitipan Anak dan Kelompok Bermain pada Anak Usia 2-3 dan 3-4 Tahun …
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2018
    Penulis : S Syarkiah, M Masnipal, A Tsaury
    11 Perbedaan Pendapat Pembelajaran Prabaca, Pratulis dan Prahitung Bagi Anak Usia Dini
    Jurnal : Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (1), 2018
    Penulis : M Masnipal, A Hakim
    12 Menjadi Guru PAUD Profesional
    Jurnal : Referensi 1 (Agustus, 2018), 1 - 386, 2018
    Penulis : Masnipal
    13 PERBEDAAN PENDAPAT PEMBELAJARAN PRABACA, PRATULIS, DAN PRAHITUNG BAGI ANAK USIA DINI
    Jurnal : GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 2 (1)
    Penulis : M Masnipal, A Hakim
    14 Analisis terhadap Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 124-129, 2018
    Penulis : AS Anwar, M Marhun, A Hakim
    15 Permasalahan Sosial Emosi Anak Usia Dini dan Upaya Guru dalam Mengatasinya (Studi Deskriptif terhadap Taman Penitipan Anak dan Kelompok Bermain pada Anak Usia 2-3 dan 3-4 Tahun …
    Jurnal : Universitas islam Bandung
    Penulis : S Syarkiah, M Masnipal, A Tsaury
    16 Implementasi Program Parenting di Paud Inklusif Terpadu Kasih Bunda Bandung
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 150-155, 2018
    Penulis : SS Putri, M Marhun, N Afrianti
    17 Upaya guru dalam mengenalkan sains pada pembelajaran anak usia dini di PAUD gugus 1 dan 2 bandung kulon
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 142-149, 2018
    Penulis : NT Azhari, M Marhun, N Afrianti
    18 Pemanfaatan Bahan Bekas dan Bahan Alam Sebagai Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 19-24, 2019
    Penulis : FK Nisa, M Masnipal, AM Tsaury
    19 Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TK Cerdas Mandiri Playschool Kota Bandung
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 25-30, 2019
    Penulis : LN Hasanah, M Masnipal, A Dudi
    20 Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung di Taman Kanak-Kanak
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 67-74, 2019
    Penulis : S Supiah, M Marhun, D Mulyani
    21 Early Childhood Education Management Workshop to Improve the Quality of Pos PAUD Service
    Jurnal : Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2018), 89-94, 2019
    Penulis : N Rahminawati, A Hakim, A Sobarna, M Masnipal
    22 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Abcd-Abcd Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Tutup Botol Bergambar Di Tk Kenanga
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 132-137, 2020
    Penulis : SW Maryati, M Marhun, N Afrianti
    23 Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang Menggunakan Permainan Kartu Angka di Kelompok B PAUD Nur Insani Ngamprah Kabupaten Bandung Barat
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2020
    Penulis : S Sumiarti, M Masnipal, DN Inten
    24 Building Blocks Play: Model Reconstruction, Teacher's Guidance and Early Childhood Creativity
    Jurnal : Journal of Early Childhood Care and Education; http://journal2.uad.ac.id …, 2020
    Penulis : M Masnipal
    25 Contribution of Indonesia Cahaya Method to the Improvement of Early Childhood Teachers' Skills
    Jurnal : Integration of Education; http://edumag.mru.ru DOI: 10.15507/1991-9468.099 …, 2020
    Penulis : M Masnipal
    26 Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Bola Bowling Rainbow
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru Paud ISSN 2460, 6421, 2020
    Penulis : SN Wilianti, M Marhun, DN Inten
    27 Peningkatan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) melalui Permainan KOMIKA (Kotak Misteri Kata) pada Anak Kelompok B TK Bhinneka Bhakti Bandung
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 41-44, 2020
    Penulis : T Handayani, M Marhun, D Mulyani
    28 Building blocks play: Model reconstruction, teacher’s guidance and early childhood creativity
    Jurnal : JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education) 3 (1), 14-35
    Penulis : M Marhun
    29 Building Blocks Play: Model Reconstruction, Teacher’s Guidance, and Early Childhood Creativity
    Jurnal : JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education) 3 (1)
    Penulis : M Marhun
    30 Teaching Competency Development for Early Childhood Education
    Jurnal : 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 303-307, 2020
    Penulis : N Rahminawati, A Hakim, A Sobarna, M Masnipal
    31 Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar di Rumah di TK X
    Jurnal : Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 69-74, 2021
    Penulis : AI Kurniawati
    32 Kontribusi Pelatihan dalam Meningkatkan Keterampilan Guru Membimbing Siswa Bermain Balok
    Jurnal : J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini 6 (3), 1514-1526, 2021
    Penulis : M Masnipal
    33 Pelatihan Penggunaan Aplikasi Rencana Pembelajaran PAUD di Kota Bandung
    Jurnal : ACADEMICS IN ACTION Journal of Community Empowerment 3 (1), 31-37, 2021
    Penulis : E Enoh, H Rachmah, M Masnipal, N Afrianti
    34 Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Bahan Alam dan Bahan Bekas sebagai Media Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak
    Jurnal : Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education 1 (1), 12-19, 2021
    Penulis : T kurnia Sari
    35 Pemanfaatan Barang Bekas dalam Kegiatan Belajar dari Rumah untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Kober/Tk Bunda Balita di Masa Pandemi
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2021
    Penulis : LA Agustin, M Masnipal, D Mulyani
    36 Implementasi Manajemen PAUD Inklusi di TK Tunas Cilik Bandung
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Guru PAUD 7 (1), 24-29, 2021
    Penulis : S Rahayu, M Masnipal, D Mulyani
    37 Upaya meningkatkan Kemampuan Membilang Menggunakan Permainan Kartu Angka di Kelompok B Paud Nur Insani Ngamprah Kabupaten Bandung Barat
    Jurnal : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (01)
    Penulis : S Sumiarti
    38 Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Abcd-Abcd Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Tutup Botol Bergambar Di Tk Kenanga
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2021
    Penulis : SW Maryati, M Marhun, N Afrianti
    39 Pemanfaatan Tanaman Kopi sebagai Media Pembuatan Kolase dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus
    Jurnal : Jurnal Riset pendidikan Guru PAUD (JRPGP) 2 (Juli 2022), 34-39, 2022
    Penulis : R Melati, Masnipal*
    40 Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Metode Tilawati Menggunakan Kartu Huruf Hijaiyah pada Anak
    Jurnal : Jurnal Riset pendidikan Guru PAUD (JRPGP) 2 (Desember 2022), 87-94, 2022
    Penulis : F N I, NI Inten, Masnipal *
    41 Implementation of the Parenting Program in Early Childhood Education in Bandung
    Jurnal : 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 456-460, 2022
    Penulis : E Enoh, N Afrianti, M Masnipal, P Meuraxa, P Nurtsani
    42 Lesson Plans Development by Application for Non-Formal Early Childhood Teacher
    Jurnal : 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 461-464, 2022
    Penulis : E Enoh, N Afrianti, M Masnipal, H Rahmah, P Meuraxa, A Tazkiya
    43 Ketertarikan Anak Usia Dini Belajar Matematika melalui Metode Pembelajaran Cahaya Indonesia; Bermain Berbasis Buku-Merdeka Belajar
    Jurnal : Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (4), 4166-4179, 2023
    Penulis : M Masnipal
  • 3.2. Scopus
    1 Contribution of Indonesia cahaya method to the improvement of early childhood teachers’ skills
    Jurnal Q : 2
    Pencipta : Masnipal M.
  • 3.3. WoS (Web of Science)

    (data tidak ditemukan)

  • 3.4. Buku
    1 Model Pembelajaran Funcalistung Cahaya Indonesia: Mengintegrasikan Tugas Perkembangan Dan Pengalaman Akademis Anak Usia Dini
    Kategori : buku referensi
    Penulis : Masnipal
    Penerbit : UPT. Publikasi Ilmiah Universitas Islam Bandung, Bandung, 2023
    2 Menjadi Guru PAUD Profesional rosda
    Kategori :
    Penulis : Masnipal
    Penerbit : Rosda, Bandung, 2018
    3 Siap Menjadi Guru & Pengelola PAUD Profesional
    Kategori :
    Penulis : Dr. Masnipal, M.Pd
    Penerbit : Elex Media Komputindo, Jakarta, 2013
  • 3.5. Garuda
    1 BUILDING BLOCKS PLAY: MODEL RECONSTRUCTION, TEACHER’S GUIDANCE, AND EARLY CHILDHOOD CREATIVITY
    Penerbit : Universitas Ahmad Dahlan, 2020
    2 Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang Menggunakan Permainan Kartu Angka di Kelompok B Paud X Ngamprah Kabupaten Bandung Barat
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2021
  • 4. Matakuliah - Dosen Mengajar TA 2024/2025

  • 4.1. Semester Ganjil
    1 CDB201 - PENGEMBANGAN BAHASA, INTELEKTUAL, DAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI
    SKS : 2
    Prodi : Magister Pendidikan Islam
    Kelas : A
    2 CCC105 - Konsep Dasar PAUD
    SKS : 2
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    3 CCC207 - Kurikulum PAUD
    SKS : 3
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    4 UDE302 - Perencanaan Pembelajaran AUD
    SKS : 3
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    5 UDI301 - Pengemb. Kurikulum PAUD
    SKS : 2
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    6 CCC306 - Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus
    SKS : 2
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    7 CCC308 - Perencanaan Pembelajaran AUD
    SKS : 3
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    8 UDI501 - Evaluasi Pembelajaran AUD
    SKS : 2
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    9 UDI502 - Bimb. Anak Berkeb. Khusus
    SKS : 2
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    10 UDO702 - SKRIPSI
    SKS : 6
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : K
  • 4.2. Semester Genap
Profil Dosen