foto
SOPHIA NOVITA, S.I.KOM., M.I.KOM.

UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

NIK D190800
NIDN/NIDK 0418119301
Jabatan Struktural Sekretaris Badan Penjamin Mutu Fakultas Ilmu Komunikasi
Jabatan Fungsional LEKTOR
Fakultas Ilmu Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi
Email sophia.novita@unisba.ac.id

91

Skor SINTA v3 Keseluruhan

77.5

Skor SINTA v3 3 Tahun

97

Skor Afiliasi v3 Keseluruhan

83.5

Skor Afiliasi v3 3 Tahun
  • 1. Penelitian

  • 1 KOMUNIKASI MITIGASI BENCANA DALAM MENGEDUKASI SISWA DI WILAYAH RAWAN BENCANA PATAHAN LEMBANG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : HIBAH PENELITIAN FAKULTAS
    Pimpinan : TRESNA WIWITAN
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    2 SURVEI PREFERENSI PEMBACA MEDIA CETAK KORAN DALAM KONTEKS PERUBAHAN INFORMASI DIGITAL (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF KHALAYAK HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT DI JAWA BARAT)
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN PEMULA
    Pimpinan : FIRMANSYAH
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    3 STRATEGI PEMULIHAN CITRA DESTINASI WISATA PASCA BENCANA TSUNAMI SELAT SUNDA (STUDI KASUS PEMULIHAN CITRA DESTINASI WISATA PASCA BENCANA TSUNAMI DI PANTAI TANJUNG LESUNG BANTEN
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN MUDA
    Pimpinan : SOPHIA NOVITA
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
  • 2. Pengabdian

  • 1 PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PENERBIT SALMAN ITB MENJADI MEDIA DAKWAH YANG KOMPETEN DAN KOMPETITIF
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
    2 KOMUNIKASI MITIGASI BENCANA UNTUK PEMBINA PRAMUKA DI SMA WILAYAH SESAR LEMBANG (KERJASAMA DENGAN BANDUNG MITIGASI HUB)
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    3 PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA VISUAL BERBASIS DIGITAL DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN TEACHERPRENEURSHIP GURU PAUD
    Fokus : Sosial Humaniora, Pendidikan, Seni, Dan Budaya
    Skema : Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat
    Tahun Pengajuan : 2023 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
  • 3. Publikasi

  • 3.1. Schoolar
    1 Sophia Novita. Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 16; 55–60
    Jurnal :
    Penulis : MAW Utama
    2 Karakteristik Komposisi Dan Stratifikasi Vegetasi Strata Pohon Komunitas Riparian Di Kawasan Hutan Wisata Rimbo Tujuh Danau Kabupaten Kampar Provinsi Riau
    Jurnal :
    Penulis : S Novita
    3 Hubungan Antara Terpaan Informasi Kecelakaan Air Asia dengan Sikap Mahasiswa
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 477-482, 2015
    Penulis : S Novita, N Yuliati
    4 Media Massa, Etika Komunikasi dan Perkembangan Teknologi
    Jurnal : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2021
    Penulis : S Kusdiyati, TD Djamhoer, SR Hamdan, AN Khasanah, AN Permatasari, ...
    5 Strategi Destination Branding Waduk Jatiluhur Sebagai Wisata Air Unggulan Di Jawa Barat
    Jurnal : Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (01), 1-27, 2021
    Penulis : S Novita, F Firmansyah
    6 MODEL DIALOGIS DALAM KOMUNIKASI PELAYANAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI MASA PANDEMI COVID-19
    Jurnal : Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis …, 2022
    Penulis : T Wiwitan, N Yulianita, S Novita
    7 Manajemen Krisis Objek Wisata Sari Ater dalam Menghadapi Pandemi Covid-19
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 350-359, 2022
    Penulis : S Novita
    8 Peran PR dalam Mengembangkan Pariwisata melalui Instagram@ Disparciamis
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 318-324, 2022
    Penulis : IK Gifary, S Novita
    9 Digital Literacy of Muslim Millennials in Persis Jabar
    Jurnal : Proceedings of the 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021 …, 2022
    Penulis : SN Ratri R. Kusumalestari*, Yenni Yuniati, Dian Widya Putri, Yuristia Wira ...
    10 Preference Survey of Newspaper Readers in the Digital Era
    Jurnal : 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 338-343, 2022
    Penulis : F Firmansyah, S Novita, DW Putri, A Rachmiatie, SS Kurnia, A Sobur
    11 What we did in Tanjung Lesung after the 2018 Tsunami: Case study on image restoration of Tanjung Lesung destinations after the 2018 Tsunami
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 548-552, 2022
    Penulis : AY Asgha, S Novita, F Firmansyah
    12 Supporting Salman ITB Publisher to become a competent and competitive Da'wah media
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 540-547, 2022
    Penulis : AN Permatasari, AY Asgha, A Satriani, S Novita
    13 How the Print Media Industry Survived in the Digital Era
    Jurnal : Jurnal ASPIKOM 7 (1), 1-15, 2022
    Penulis : F Firmansyah, S Novita, A Rachmiatie, A Sobur, DW Putri
    14 Sophia Novita. Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 16; 55–60
    Jurnal :
    Penulis : MAW Utama
    15 Program Corporate Social Responsibility pada Perusahaan BUMN
    Jurnal : Jurnal Riset Public Relations, 101-108, 2023
    Penulis : SS Nurzaman, S Novita
    16 Communication of Private University Services During the Covid-19 Pandemic
    Jurnal : KnE Social Sciences, 1374–1381-1374–1381, 2023
    Penulis : T Wiwitan, N Yulianita, S Novita
    17 Peran PR PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung dalam Program Corporate Social Responsibility
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (2), 871-877, 2023
    Penulis : SCRNA Priono, S Novita
    18 Why Tourist Destinations Are Hard to Survive After Disaster? Case Study of Communication Barrier in the Tanjung Lesung Special Economic Zones (SEZ) Stakeholders
    Jurnal : Jurnal Riset Komunikasi 6 (2), 91-109, 2023
    Penulis : S Novita, F Firmansyah, AY Asgha
    19 Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram
    Jurnal : Jurnal Riset Public Relations, 55-60, 2023
    Penulis : MAW Utama, S Novita
    20 Strategi Humas Jawa Barat Dalam Membangun Citra Melalui Konten Instagram (Studi Deskriptif Pada Tagar# JabarJuaraLahirBatin di Instagram@ Humas_Jabar)
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 4 (1), 2024
    Penulis : FKN Athifah, S Novita, SI Kom, MI Kom
    21 MEDIA DIGITAL PUBLICITY DALAM MEMBANGUN EKSISTENSI KARYA MUSIK TRADISI MELAYU BARU (Studi Kasus Pada Group Music Riau Rhyhthm)
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 4 (1), 2024
    Penulis : SYG Gemilang, S Novita, S Ikom
    22 Pelatihan Komunikasi Mitigasi Bencana untuk Pembina Pramuka di Wilayah Sesar Lembang
    Jurnal : PROFICIO 5 (1), 24-30, 2024
    Penulis : S Novita, T Wiwitan, N Yulianita
  • 3.2. Scopus

    (data tidak ditemukan)

  • 3.3. WoS (Web of Science)

    (data tidak ditemukan)

  • 3.4. Buku
    1 Media Massa, Etika Komunikasi dan Perkembangan Teknologi
    Kategori : buku monograf
    Penulis : Sulisworo Kusdiyati, Temi Damayanti Djamhoer, Stephani Raihana Hamdan, Andhita Nurul Khasanah, Andalusia Neneng Permatasari, Arba'iyah Satriani, Ashabul Yamin Asgha, Sophia Novita
    Penerbit : UPT. Publikasi Ilmiah Universitas Islam Bandung, Bandung, 2021
  • 3.5. Garuda
    1 STRATEGI DESTINATION BRANDING WADUK JATILUHUR SEBAGAI WISATA AIR UNGGULAN DI JAWA BARAT
    Penerbit : COMMUNICATION MAJOR, 2021
    2 MODEL DIALOGIS DALAM KOMUNIKASI PELAYANAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI MASA PANDEMI COVID-19
    Penerbit : Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2022
    3 How the Print Media Industry Survived in the Digital Era
    Penerbit : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM), 2022
    4 Why Tourist Destinations Are Hard to Survive After Disaster? Case Study of Communication Barrier in the Tanjung Lesung Special Economic Zones (SEZ) Stakeholders
    Penerbit : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau, 2023
  • 4. Matakuliah - Dosen Mengajar TA 2024/2025

  • 4.1. Semester Ganjil
    1 HAC202 - Metode Penelitian Komunikasi
    SKS : 4
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : F
    2 HAC202 - Metode Penelitian Komunikasi
    SKS : 4
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : G
    3 HAC302 - Identitas dan Reputasi Korporat
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : B
    4 HAC335 - Komunikasi Pariwisata
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : A
    5 HAC492 - Seminar Proposal
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : BA
    6 HAC493 - Skripsi
    SKS : 6
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : BA
  • 4.2. Semester Genap
Profil Dosen