foto
RADITYA PRATAMA PUTRA, S.I.KOM., M.I.KOM.

UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

NIK D190803
NIDN/NIDK 0415039301
Jabatan Struktural -
Jabatan Fungsional LEKTOR
Fakultas Ilmu Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi
Email raditya.pratama@unisba.ac.id

280.269

Skor SINTA v3 Keseluruhan

200.5

Skor SINTA v3 3 Tahun

286.269

Skor Afiliasi v3 Keseluruhan

206.5

Skor Afiliasi v3 3 Tahun
  • 1. Penelitian

  • 1.1. Internal
    1 REKONTRUKSI PERAN IBU SEBAGAI MADRASAH PERTAMA BAGI ANAK DI MASA PANDEMI
    Tahun : 2021
    Skema : Penelitian Dosen Pemula
    Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Komunikasi Orang tua, Media Daring, Madrasah Pertama
  • 1.2. Eksternal
    1 MODEL KOMUNIKASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN ANAK BERBASIS BUDAYA PESANTREN KASUS: PESANTREN SIROJUL HUDA KABUPATEN BANDUNG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN UTAMA
    Pimpinan : IKE JUNITA TRIWARDHANI
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    2 TINGKAT PEMAHAMAN SELF-HEALING PADA REMAJA SMA (STUDI DESKRIPTIF SPIRITUALITAS DAN KOMUNIKASI KESEHATAN PADA REMAJA KOTA BANDUNG SEBAGAI RESPON ANTI STRESS DI ERA DIGITAL 5.0)
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : HIBAH PENELITIAN FAKULTAS
    Pimpinan : TRI NUR AINI NOVIAR
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    3 REKONTRUKSI PERAN IBU SEBAGAI MADRASAH PERTAMA BAGI ANAK DI MASA PANDEMI
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN PEMULA
    Pimpinan : RADITYA PRATAMA PUTRA
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    4 ANALISIS BRAND AWARENESS PUSAT HALAL SALMAN ITB MELALUI 5 PROGRAM UTAMA
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN MUDA
    Pimpinan : YURISTIA WIRA CHOLIFAH
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
  • 2. Pengabdian

  • 2.1. Internal

    (data tidak ditemukan)

  • 2.2. Eksternal
    1 PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PESANTREN SIROJUL HUDA DESA PARUNGSERAB KECAMATAN SOREANG KABUPATEN BANDUNG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    2 PROGRAM PEMBINAAN LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI MASYARAKAT DESA NAGROG KECAMATAN CICALENGKA KABUPATEN BANDUNG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
  • 3. Publikasi

  • 3.1. Schoolar
    1 Standarisasi Content Creator Dalam Mengemas Postingan Di Media Sosial Instagram
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 4 (1), 2024
    Penulis : RA Ikhtiyar, RP Putra
    2 Opini Penonton tentang Film Dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 4 (1), 2024
    Penulis : SG Prasetya, R Putra
    3 Aktivitas Bagian Social Media Specialist dalam Mengelola Konten di Media Sosial@ halobandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 4 (1), 2024
    Penulis : NP Arini, RP Putra
    4 Hubungan Kredibilitas yang Ditunjukkan Profil dengan Kebutuhan Informasi Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 4 (1), 2024
    Penulis : A Firdaus, RP Putra
    5 The use of social media in product marketing activities of micro, small and medium enterprises
    Jurnal : International Journal of Productivity and Quality Management 38 (1), 123-141, 2023
    Penulis : IJ Triwardhani, Alhamuddin, R Adwiyah, RP Putra
    6 Representasi Konten Humor dalam Iklan Televisi Shampo Head & Shoulders
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 406-409, 2023
    Penulis : PA Pradina, RP Putra
    7 Analisis Branding Fotohokkie melalui Media Sosial Instagram
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 373-376, 2023
    Penulis : NH Silim, RP Putra
    8 Penggunaan Influencer dalam Kegiatan Komunikasi
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 209-214, 2023
    Penulis : MR Ardan, RP Putra
    9 Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Kedai Kopi@ critoe_
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 153-160, 2023
    Penulis : S Adhiesa, RP Putra
    10 Representasi Keluarga di Bulan Ramadan dalam Iklan Gojek Indonesia
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 42-50, 2023
    Penulis : MR Kalauw, RP Putra
    11 Literasi Budaya Lokal bagi Anak di Desa Jatisura
    Jurnal : Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (2), 1818-1827, 2023
    Penulis : IJ Triwardhani, D Mulyani, R Pratama
    12 KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PROGRAM SANTRIPRENEUR SIROJUL HUDA
    Jurnal : Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan …, 2023
    Penulis : RP Putra, I Rachmawati, IJ Triwardhani
    13 OPTIMIZING THE ROLE OF MOTHER’S COMMUNICATIONS IN ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC
    Jurnal : Ta dib Jurnal Pendidikan Islam 12 (1), 55-64, 2023
    Penulis : RP Putra, Y Yulianti, I Rachmawati
    14 Strategi Pengelolaan Konten Komunikasi Pemasaran Digital Berbasis Islam Melalui Media Sosial Instagram
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (2), 669-673, 2023
    Penulis : FN Fadillah, RP Putra
    15 Representasi Nilai Keluarga dalam Penggunaan Bahasa Isyarat sebagai Komunikasi Non Verbal
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (2), 623-639, 2023
    Penulis : HE Prawira, RP Putra
    16 Strategi Komunikasi Pemasaran Daring Melalui Kolaborasi Brand
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (2), 2023
    Penulis : RR Pratama, RP Putra
    17 The Effectiveness of Garbage Sorting Campaigns for Villagers
    Jurnal : ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 11 (2), 2023
    Penulis : N Rahmaniya, S Hafizh, DB Ramadhan, RM Alamsyah, RP Putra, ...
    18 INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN BISNIS VESPA MATIC SECONDHAND (Studi Kasus Pada Program Komunikasi Pemasaran Digital Dengan Sistem Buyback Akun Instagram …
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (2), 2023
    Penulis : M Fachrie, RP Putra
    19 Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Melalui Konten Tips dan Trik
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (2), 2023
    Penulis : HA Qhorni, RP Putra
    20 Social Media Use Education of Digital Marketing for Disabled Women Community
    Jurnal : KnE Social Sciences, 1448–1460-1448–1460, 2023
    Penulis : A Maryani, IJ Triwardhani, I Rachmawati, RP Putra
    21 Obesity of Information Covid-19 Children Vaccine and Parents Digital Literacy Ability
    Jurnal : KnE Social Sciences, 1268–1281-1268–1281, 2023
    Penulis : I Rachmawati, RP Putra, TNA Noviar
    22 Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Vespa Matic Secondhand
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (2), 927-932, 2023
    Penulis : M Fachrie, RP Putra
    23 The role of teacher in improving digital literacy in elementary students
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 634-643, 2022
    Penulis : I Rachmawati, W Trigartanti, IJ Triwardhani, RP Putra
    24 Brand awareness analysis of halal class of Salman's Halal Centre ITB
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 508-514, 2022
    Penulis : YW Cholifah, RP Putra, I Rachmawati
    25 The Use of Social Media for the Covid 19 Prevention Campaign
    Jurnal : 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 28-34, 2022
    Penulis : A Maryani, IJ Triwardhani, R Pratama, MZ Mustafa
    26 Evaluation of Satisfaction in Research and Community Service in University
    Jurnal : MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 17-25, 2022
    Penulis : A Rachmiatie, F Firmansyah, R Pratama, F Martian
    27 Communication Management
    Jurnal : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2022
    Penulis : Y Yulianti, RP Putra, I Rachmawati
    28 Pengembangam Softskill Social Media Marketing Bagi Komunitas Wanita Disabilitas (HWDI Provinsi Jawa Barat)
    Jurnal : Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara 6 (3), 761-772, 2022
    Penulis : RP Putra, A Maryani, IJ Triwardhani, I Rachmawati
    29 Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Digital Marketing
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 2 (2), 758-762, 2022
    Penulis : FK Dewi, RP Putra
    30 Pengelolaan Konten Instagram dalam Komunikasi Pemasaran Digital
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 2 (2), 777-781, 2022
    Penulis : LA Kusumah, RP Putra
    31 Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Imah Babaturan
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 2 (2), 501-507, 2022
    Penulis : AC Suryaldi, RP Putra
    32 Communication Management in Everyday Life
    Jurnal : UNISBA PRESS, 2022
    Penulis : RP Putra, I Rachmawati
    33 Digital information media of the salman itb halal center in improving marketing performance of halal lecture program
    Jurnal : Mediator: Jurnal Komunikasi 14 (1), 42-53, 2021
    Penulis : RP Putra, I Rachmawati, YW Cholifah
    34 Peran Perempuan dalam Iklan Televisi di Indonesia-Malaysia
    Jurnal : Jurnal Common 5 (1), 12-24, 2021
    Penulis : IJ Triwardhani, E Listiani, RP Putra
    35 Analysis of business plan using business model canvas (BMC) on modern fish market
    Jurnal : MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan 37 (1), 232-245, 2021
    Penulis : R Adwiyah, AA Nurrahman, RP Putra, N Nasruddin
    36 Media "Online" sebagai Alat Pemasaran pada Masa Pandemi Covid-19
    Jurnal : https://adv.kompas.id/baca/media-online-sebagai-alat-pemasaran-pada-masa …, 2021
    Penulis : RP Putra
    37 Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0
    Jurnal : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2021
    Penulis : A Alhamuddin, H Aziz, DN Inten, D Mulyani, R Respitawulan, M Herlina, ...
    38 The Development of Village Entrepreneurship Through Digital Marketing Communication
    Jurnal : 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 141-146, 2020
    Penulis : WT Gartanti, IJ Triwardhani, RP Putra
    39 Value Proposition of Instagrammable Digital Tourism in Forming Brand Identity
    Jurnal : 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 163-166, 2020
    Penulis : RP Putra, AA Razi
    40 The hooked model as communication strategy of “Kembaliin” app as an information media for handling lost and found
    Jurnal : 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 214-218, 2020
    Penulis : AA Razi, RP Putra
    41 Study of communication ethnography for entrepreneurship culture in the interpersonal relations of teachers and students
    Jurnal : Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication 36 (1), 109-123, 2020
    Penulis : IJ Triwardhani, W Trigartanti, RP Putra
    42 Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah
    Jurnal : Jurnal Kajian Komunikasi 8 (1), 99-113, 2020
    Penulis : Ike Junita Triwardhani, Wulan Trigartanti, Indri Rachmawati, Raditya Pratama ...
    43 Analisis Brand Equity Perusahaan Melalui Media Sosial (Studi Kasus pada Bagian Media Komunikasi PT. Pos Indonesia Persero)
    Jurnal : Idea: Jurnal Humaniora, 50-62, 2018
    Penulis : RP Putra, N Yulianita, Y Hamdan, A Ratnasari
    44 Kepuasan Mahasiswa Telkom University Dalam Pemanfaatan Situs Smb. telkomuniversity. ac. id Sebagai Media Informasi
    Jurnal : Jurnal Sosioteknologi 14 (1), 77-88, 2015
    Penulis : RP Putra, YR Putri
    45 PERAN PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI DI INDONESIA-MALAYSIA
    Jurnal :
    Penulis : IJ Triwardhani, E Listiani, RP Putra
    46 Morfologi Caenorhabditis sp. Indonesia yang Dibiakkan dari Kompos dan Identifikasi Spesiesnya melalui Amplifikasi Gen mtCOI
    Jurnal : Bogor Agricultural University (IPB), 0
    Penulis : R Putra
  • 3.2. Scopus
    1 The use of social media in product marketing activities of micro, small and medium enterprises
    Jurnal Q : 3
    Pencipta : Triwardhani I
    2 Study of communication ethnography for entrepreneurship culture in the interpersonal relations of teachers and students
    Jurnal Q : 2
    Pencipta : Triwardhani I
  • 3.3. WoS (Web of Science)
    1 Study of Communication Ethnography for Entrepreneurship Culture in the Interpersonal Relations of Teachers and Students
    Tahun : 2020
    Jurnal : JURNAL KOMUNIKASI-MALAYSIAN JOURNAL OF COMMUNICATION
    Penulis : Triwardhani, IJ; Trigartanti, W; Putra, RP;
  • 3.4. Buku
    1 Komunikasi Stakeholder Untuk Pendidikan Anak Di Desa
    Kategori : buku referensi
    Penulis : Ike Junita Triwardhani, Dewi Mulyani, Raditya Pratama Putra
    Penerbit : UPT. Publikasi Ilmiah, Bandung, 2023
    2 Communication management in everyday life
    Kategori : buku referensi
    Penulis : Yulianti, Raditya Pratama Putra, Indri Rachmawati
    Penerbit : UPT. Publikasi Ilmiah Universitas Islam Bandung, Bandung, 2021
  • 3.5. Garuda
    1 OPTIMIZING THE ROLE OF MOTHER’S COMMUNICATIONS IN ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) Unisba, 2023
    2 The Effectiveness of Garbage Sorting Campaigns for Villagers
    Penerbit : Universitas Islam Bandung, 2023
    3 KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PROGRAM SANTRIPRENEUR SIROJUL HUDA
    Penerbit : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO, 2023
    4 Pengembangam Softskill Social Media Marketing Bagi Komunitas Wanita Disabilitas (HWDI Provinsi Jawa Barat)
    Penerbit : Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2022
    5 Analysis of Business Plan Using Business Model Canvas (BMC) on Modern Fish Market
    Penerbit : Universitas Islam Bandung, 2021
    6 Digital Information Media of the Salman ITB Halal Center in improving Marketing Performance of Halal Lecture Program
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2021
    7 Peran Perempuan dalam Iklan Televisi di Indonesia-Malaysia
    Penerbit : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia, 2021
    8 Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah
    Penerbit : Universitas Padjadjaran, 2020
    9 KEPUASAN MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY DALAM PEMANFAATAN SITUS SMB.TELKOMUNIVERSITY.AC.ID SEBAGAI MEDIA INFORMASI
    Penerbit : Kelompok Keahlian Ilmu Kemanusiaan, 2015
    10 KEPUASAN MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY DALAM PEMANFAATAN SITUS SMB.TELKOMUNIVERSITY.AC.ID SEBAGAI MEDIA INFORMASI
    Penerbit : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, 2015
  • 4. Matakuliah - Dosen Mengajar TA 2023/2024

  • 4.1. Semester Ganjil
    1 HAC503 - Strategi dan Perencanaan Komunikasi
    SKS : 2
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : A
    2 HAC503 - Strategi dan Perencanaan Komunikasi
    SKS : 2
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : F
    3 HCC501 - Digital Marketing PR
    SKS : 2
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : B
    4 HDC501 - Perencanaan Media
    SKS : 2
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : C
    5 HAC703 - Seminar
    SKS : 2
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : AZ
    6 HDC701 - Analisis Media Sosial
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : C
    7 HAC891 - Skripsi
    SKS : 5
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : AZ
    8 IBC738 - Digital Marketing
    SKS : 2
    Prodi : Ekonomi Pembangunan
    Kelas : A
  • 4.2. Semester Genap
    1 HDC601 - Manajemen Media
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : D
    2 HDC602 - Komunikasi Pemasaran
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : A
    3 HDC602 - Komunikasi Pemasaran
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : E
    4 HAC703 - Seminar
    SKS : 2
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : AZ
    5 HAC891 - Skripsi
    SKS : 5
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : AZ
    6 IBC208 - Digital Marketing
    SKS : 3
    Prodi : Akuntansi
    Kelas : A
    7 IBC738 - Digital Marketing
    SKS : 2
    Prodi : Ekonomi Pembangunan
    Kelas : A
Profil Dosen