foto
SOBAR, DRS., M.PD.

UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

NIK D880078
NIDN/NIDK 0411046206
Jabatan Struktural -
Jabatan Fungsional LEKTOR KEPALA
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Email sobar@unisba.ac.id

122.75

Skor SINTA v3 Keseluruhan

79.5

Skor SINTA v3 3 Tahun

122.75

Skor Afiliasi v3 Keseluruhan

79.5

Skor Afiliasi v3 3 Tahun
  • 1. Penelitian

  • 1 SPIRITUALITAS DAN MATERIALITAS DALAM IMAN DAN PRAKTEK PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN FAKULTAS
    Pimpinan : SOBAR AL GHAZAL
    Tahun Pengajuan : 2018 - 2019
    Tahun Implementasi : 2019
    2 PENGAJIAN BULUGHUL MAROM DI KOMPLEK PADASUKA INDAH II GADOBANGKONG NGAMPRAH BANDUNG BARAT
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN FAKULTAS
    Pimpinan : SOBAR AL GHAZAL
    Tahun Pengajuan : 2018 - 2019
    Tahun Implementasi : 2019
  • 2. Pengabdian

  • 1 PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI RENCANA PEMBELAJARAN DI PAUD DI KELURAHAN TAMANSARI KECAMATAN BANDUNG WETAN KOTA BANDUNG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    2 PKM PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS, DAN MENGHITUNG (CALISTUNG) BAGI ANAKA-ANAK DI KAMPUNG PARI
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PKM KKN FAKULTAS
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
  • 3. Publikasi

  • 3.1. Schoolar
    1 Nilai-Nilai Aqidah Islam yang Terkandung dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy
    Jurnal :
    Penulis : I Nurfauziah, S Al-Ghazal, F Hayati
    2 ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI SLB NEGERI A KOTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2014-2015
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 18-25, 2015
    Penulis : S Al Ghazal, B Suhendar
    3 UPAYA PERENCANAAN GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR̢۪ AN MELALUI METODE IQRA DI KELAS VII MTs AL-MUSYAWARAH
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 148-155, 2015
    Penulis : S Al Ghazal, E Surbiantoro
    4 Upaya Perencanaan Guru Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra Di Kelas VII Mts Al-Musyawarah
    Jurnal : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung (UNISBA), 2015
    Penulis : V Septiana, S Al Ghazal, E Surbiantoro
    5 Implikasi Pendidikan QS. An-Nahl Ayat 125-128 terhadap Kompetensi Paedagogis dan Kepribadian Guru
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 216-223, 2016
    Penulis : I Nurjanah, S Al Ghazal, AD Suhardini
    6 Implikasi dari QS Al-A̢۪ raf Ayat: 172 tentang Konsep Fitrah Ketauhidan Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Islam
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 134-139, 2017
    Penulis : F Zaelani, S Al-Ghazal
    7 Implikasi dari QS Al-A’raf Ayat: 172 tentang Konsep Fitrah Ketauhidan Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Islam
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2017
    Penulis : F Zaelani, S Al-Ghazal
    8 Implikasi Konsep Suluk Imam Al-Ghazali terhadap Model Pendidikan Spiritual
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 41-48, 2017
    Penulis : F Setiawati, S Al-Ghazal, AM Tsaury
    9 Konsep Ilmu menurut Imam Al-Ghazali dan Implikasinya terhadap Etika dalam Menuntut Ilmu
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 147-156, 2017
    Penulis : AA Sobari, S Al-Ghazal, AD Suhardini
    10 Implementasi Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Di Sekolah Dasar Tunas Insan Mulia Kota Bandung
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 210-216, 2018
    Penulis : JP Sari, S Al Ghazal
    11 Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Surat Al A'raf Ayat 26-27 tentang Pakaian Takwa (Libasut Takwa) Sebagai Identitas Kaum Muslimin
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 52-56, 2018
    Penulis : RF Akbar, S Al-Ghazal, A Sobarna
    12 Implikasi Pendidikan QS. Ash-Shaffat ayat 102 Terhadap Pola Komunikasi Interpersonal Orang tua dan Anak
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 272-278, 2018
    Penulis : SF Nova, S Al Ghazal, N Taja
    13 Implikasi Pedagogis dari QS. An-Naml Ayat 60-64 sebagai Landasan Metode Pengulangan dalam Pembelajaran Aqidah
    Jurnal : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan …, 2019
    Penulis : A Latifah
    14 Konsep Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Berbasis Pemikiran Amar Ma̢۪ ruf Nahyi Munkar Ibnu Taimiyah.
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 112-123, 2019
    Penulis : M Azizah, S Al Ghazal
    15 UPAYA PERENCANAAN GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRA DI KELAS VII MTs AL-MUSYAWARAH
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2019
    Penulis : S Al Ghazal, E Surbiantoro
    16 ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI SLB NEGERI A KOTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2014-2015
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2019
    Penulis : SA Ghazal, B Suhendar
    17 Analisis Manajemen Ekstrakulikuler Baca Tulis Tahfidz Qur’an di Mi Sains Baiturrahman
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2019
    Penulis : S Utami, SA Ghazal, AA MD
    18 Konsep Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Berbasis Pemikiran Amar Ma’ruf Nahyi Munkar Ibnu Taimiyah.
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2019
    Penulis : M Azizah, SA Ghazal
    19 Impelemtasi Hukuman dan Ganjaran dalam Proses Pendidikan Anak Menurut Konsep Imam Al-Ghazali
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 124-130, 2019
    Penulis : MS Kania, S Al Ghazal, AM Tsaury
    20 ANALISIS TERHADAP MANAGEMEN PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLASIFIKASI I SUKAMISKIN BANDUNG
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2019
    Penulis : SA Ghazal, AD Suhardini
    21 Nilai-Nilai Pedagogis Qs An-Nisa’Ayat 34 Terhadap Pembentukan Keluarga Islami
    Jurnal : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan …, 2020
    Penulis : F Khoriroh
    22 Implikasi Pedagogis dari QS. An-Naml Ayat 60-64 sebagai Landasan Metode Pengulangan dalam Pembelajaran Aqidah
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 1-5, 2020
    Penulis : A Latifah, S Al Ghazal, M Rasyid
    23 Pengelolaan Program Pesantren Mahasiswa dalam Menghasilkan Generasi Da'i di Daarut Tauhid Bandung
    Jurnal : Prosiding Pendidikan Agama Islam, 195-200, 2021
    Penulis : R Syabani, S Al-Ghazal, K Khambali
    24 Implementasi Program IMTAQ (Iman dan Taqwa) dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri Mahasiswa di Pondok Pesantren X Dago Bandung
    Jurnal : Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 147-152, 2021
    Penulis : MA Nursena, S Al Ghazal, H Rachmah
    25 Nilai-Nilai Pedagogis QS An-Nisa Ayat 34 terhadap Pembentukan Keluarga Islami
    Jurnal : Universitas islam Bandung, 2021
    Penulis : F Khoriroh, S Al-Ghazal, N Taja
    26 Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro Di TPQ X Rengasdengklok Karawang
    Jurnal : Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 109-114, 2022
    Penulis : A Mahfud, S Al Ghazal
    27 Nilai-Nilai Aqidah Islam yang Terkandung dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 762-768, 2022
    Penulis : I Nurfauziah, S Al Ghazal, F Hayati
    28 Implementasi Program Tahfidz Camp Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Putri Cikarang
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 349-353, 2022
    Penulis : UR Amalia, S Al Ghazal, AM Rasyid
    29 Implikasi Pendidikan QS. Ali Imron Ayat 104 tentang Amar Ma’ruf Nahi Munkar terhadap Akhlak
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 831-838, 2022
    Penulis : AY Afandi, S Al Ghazal, A Sobarna
    30 Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlakul Karimah untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik SMA-IT Miftahul Khoir Dago Bandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 499-508, 2022
    Penulis : S Al Ghazal, H Aziz
    31 Peran Motivasi Guru PAI dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di SD Al-Husainiyyah Bandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 818-824, 2022
    Penulis : L Erliana, H Aziz, S Al Ghazal
    32 Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Umar Bin Ahmad Baradja dalam Kitab Akhlak Lil Banin Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak Masa Kini
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 631-638, 2022
    Penulis : RN Fauziah, S Al Ghazal, E Surbiantoro
    33 Studi Komparatif Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Tanjung Salam Ciwidey Kab. Bandung dan Pondok Pesantren Al-Falah Dago Bandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 523-529, 2022
    Penulis : A Fauziah, S Al Ghazal
    34 Implementasi Pendidikan dari QS An-Nisa Ayat 9 tentang Quranic Parenting terhadap Qaulan Sadidan
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 395-400, 2022
    Penulis : N Oktaviyani, S Al Ghazal, E Surbiantoro
    35 Pola Asuh Orang Tua dalam Ibadah Sholat Lima Waktu Anak Usia 7-10 Tahun
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 230-235, 2022
    Penulis : T Sulastri, S Al Ghazal, I Asikin
    36 Analisis terhadap Konsep Pendidikan Pernikahan dalam Kitab ‘Uqudullujain Karya Syekh Nawawi
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 282-290, 2022
    Penulis : WN Haqe, S Al Ghazal, I Asikin
    37 Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Resitasi pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Cioray Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya …
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 372-377, 2022
    Penulis : ED Puteri, S Alghazal, H Aziz
    38 Peran Guru PAI dalam peningkatan kedisiplinan siswa di SD Al-Husainiyyah
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2), 2022
    Penulis : L Erliana, H Aziz, S Al Ghazal
    39 Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional
    Jurnal : Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 27-36, 2022
    Penulis : R Nurandriani, S Alghazal
    40 Landasan-Landasan Metodologis Pendidikan Akhlak pada Buku Mendidik Anak Bersama Nabi ﷺ Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (1), 178-185, 2022
    Penulis : R Amilia, S Al Ghazal, H Rachmah
    41 Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 1 Sijuk Kabupaten Belitung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 3 (1), 37-41, 2023
    Penulis : AA Naza, S Al Ghazal
    42 Korelasi Fanatisme terhadap Korean Pop dengan Kematangan Beragama pada Remaja Kota Cimahi
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 3 (2), 2023
    Penulis : S Alghazal
    43 Proses Menumbuhkan Self Control dalam Mengerjakan Shalat Wajib (Studi Kasus pada Remaja di Kota Bandung)
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 3 (2), 2023
    Penulis : A Amalia, S Al Ghazal
    44 Metode Pendidikan Akhlak Dalam Buku “Akhlaqul Kariimah berdasarkan Mudaawamatu Dzikrillah” Karya Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul’arifin (Abah Anom)
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 3 (2), 600-606, 2023
    Penulis : CR Cecep, I Asikin, S Al Ghazal
    45 Implementasi Program Unggulan Tahfidz Hadits Terhadap Adab Bergaul Siswa Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Persis 259 Firdaus Pangalengan
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 3 (2), 456-464, 2023
    Penulis : ZLN Salva, S Al Ghazal, DN Inten
    46 Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Konsep Khauf dan Raja’Menurut Imam Al-Ghazali
    Jurnal : Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 55-62, 2023
    Penulis : SN Utami, S Al Ghazal, AM Rasyid
    47 Analisis Konsep Pendidikan Islam Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan Orientasi Pendidikan Islam
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 3 (1), 106-114, 2023
    Penulis : N Lisyani, S Al Ghazal
    48 Analisis Falsafah Pendidikan Islam dalam Buku Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia Karya Haidar Bagir
    Jurnal : Bandung Conference Series: Islamic Education 3 (1), 240-247, 2023
    Penulis : KH Dinata, S Al Ghazal, AD Suhardini
  • 3.2. Scopus

    (data tidak ditemukan)

  • 3.3. WoS (Web of Science)

    (data tidak ditemukan)

  • 3.4. Buku

    (data tidak ditemukan)

  • 3.5. Garuda
    1 Implikasi Pendidikan QS. Ali Imron Ayat 104 tentang Amar Ma’ruf Nahi Munkar terhadap Akhlak
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    2 Peran Motivasi Guru PAI dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di SD Al-Husainiyyah Bandung
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    3 Nilai-Nilai Aqidah Islam yang Terkandung dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    4 Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Umar Bin Ahmad Baradja dalam Kitab Akhlak Lil Banin Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak Masa Kini
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    5 Analisis Pendidikan terhadap Q.S Ali Imran Ayat 137-138 tentang Sinergisitas Iman, Ilmu, dan Akhlak
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    6 Studi Komparatif Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Tanjung Salam Ciwidey Kab. Bandung dan Pondok Pesantren Al-Falah Dago Bandung
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    7 Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlakul Karimah untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik SMA-IT Miftahul Khoir Dago Bandung
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    8 Implementasi Pendidikan dari Q.S An-Nisa Ayat 9 tentang Quranic Parenting terhadap Qaulan Sadidan
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    9 Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Resitasi pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Cioray Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    10 Implementasi Program Tahfidz Camp dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Putri Cikarang
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    11 Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru PAI untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cisarua
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    12 Analisis terhadap Konsep Pendidikan Pernikahan dalam Kitab ‘Uqudullujain Karya Syekh Nawawi
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    13 Pola Asuh Orang Tua dalam Ibadah Sholat Lima Waktu Anak Usia 7-10 Tahun
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    14 Landasan-Landasan Metodologis Pendidikan Akhlak pada Buku Mendidik Anak Bersama Nabi ï·º Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    15 Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2022
    16 Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro di TPQ X Rengasdengklok Karawang
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2022
    17 Implementasi Program IMTAQ (Iman dan Taqwa) dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri Mahasiswa di Pondok Pesantren X Dago Bandung
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2022
    18 Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Konsep Khauf dan Raja’ Menurut Imam Al-Ghazali
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2023
    19 Analisis Falsafah Pendidikan Islam dalam Buku Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia Karya Haidar Bagir
    Penerbit : UNISBA Press, 2023
    20 Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 1 Sijuk Kabupaten Belitung
    Penerbit : UNISBA Press, 2023
    21 Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Konsep Khauf dan Raja’ Menurut Imam Al-Ghazali
    Penerbit : UNISBA Press, 2023
    22 Analisis Konsep Pendidikan Islam Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan Orientasi Pendidikan Islam
    Penerbit : UNISBA Press, 2023
  • 4. Matakuliah - Dosen Mengajar TA 2024/2025

  • 4.1. Semester Ganjil
    1 CAC105 - Ilmu Pendidikan
    SKS : 2
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : A
    2 CAC105 - Ilmu Pendidikan
    SKS : 2
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : B
    3 CAC106 - Filsafat Umum
    SKS : 2
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : A
    4 CAC106 - Filsafat Umum
    SKS : 2
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : B
    5 CAC106 - Filsafat Umum
    SKS : 2
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : C
    6 CAC106 - Filsafat Umum
    SKS : 2
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : D
    7 CAC204 - Filsafat Ilmu
    SKS : 2
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : A
    8 CAC204 - Filsafat Ilmu
    SKS : 2
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : B
    9 PIA501 - Filsafat Ilmu
    SKS : 3
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : A
    10 PIE502 - Metodologi Studi Islam
    SKS : 3
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : A
    11 PIU703 - SKRIPSI
    SKS : 6
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Kelas : M
    12 CCC101 - Filsafat Pendidikan
    SKS : 2
    Prodi : PG PAUD
    Kelas : A
    13 MAP511 - PAI V (Sejarah Islam)
    SKS : 1
    Prodi : Manajemen
    Kelas : C
  • 4.2. Semester Genap
Profil Dosen