foto
DR. RINI RINAWATI, DRA., M.SI.

UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

NIK D910139
NIDN/NIDK 0430046601
Jabatan Struktural Ketua Badan Penjamin Mutu Fakultas Ilmu Komunikasi
Jabatan Fungsional LEKTOR KEPALA
Fakultas Ilmu Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi
Email rini.rinawati@unisba.ac.id

569.429

Skor SINTA v3 Keseluruhan

131.25

Skor SINTA v3 3 Tahun

575.429

Skor Afiliasi v3 Keseluruhan

134.25

Skor Afiliasi v3 3 Tahun
  • 1. Penelitian

  • 1 EDUKASI LITERASI DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENANGKAL HOAKS DI JAWA BARAT
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN PEMULA
    Pimpinan : DEDEH FARDIAH
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    2 STRATEGI LITERASI MEDIA “JABAR SABER HOAKS” DALAM MEMINIMALISIR PENYEBARAN BERITA BOHONG DI MEDIA SOSIAL
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN UTAMA
    Pimpinan : DEDEH FARDIAH
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
    3 Model Strategi Komunikasi Pemanfaatan Internet Berbasis Masyarakat untuk Pengembangan “Desa Pinter” di Jawa Barat
    Fokus : Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Skema : Penelitian Terapan
    Pimpinan : DEDEH FARDIAH
    Tahun Pengajuan : 2016 - 2018
    Tahun Implementasi : 2019
    4 KONTRIBUSI LITERASI MEDIA DALAM MENCIPTAKAN MASYARAKAT PEDULI SIARAN SEHAT
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN UTAMA
    Pimpinan : DEDEH FARDIAH
    Tahun Pengajuan : 2018 - 2019
    Tahun Implementasi : 2019
    5 Komunikasi Dalam Membangun Ketahanan Keluarga
    Fokus : Kebencanaan
    Skema : Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi
    Pimpinan : RINI RINAWATI
    Tahun Pengajuan : 2017 - 2017
    Tahun Implementasi : 2018
    6 Model Strategi Komunikasi Pemanfaatan Internet Berbasis Masyarakat untuk Pengembangan “Desa Pinter” di Jawa Barat
    Fokus : Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Skema : Penelitian Strategis Nasional Institusi
    Pimpinan : DEDEH FARDIAH
    Tahun Pengajuan : 2016 - 2017
    Tahun Implementasi : 2018
    7 Model Strategi Komunikasi Pemanfaatan Internet Berbasis Masyarakat untuk Pengembangan “Desa Pinter” di Jawa Barat
    Fokus : Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Skema : Penelitian Produk Terapan
    Pimpinan : DEDEH FARDIAH
    Tahun Pengajuan : 2016 - 2016
    Tahun Implementasi : 2017
    8 Pola Komunikasi Orangtua dalam Mencegah Tindakan Kekerasan Terhadap Anak (Survey di Kota Bandung)
    Fokus : Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Skema : Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi
    Pimpinan : RINI RINAWATI
    Tahun Pengajuan : 2014 - 2015
    Tahun Implementasi : 2016
    9 OPTIMALISASI PLIK (PUSAT LAYANAN INTERNET KECAMATAN) DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS MASYARAKAT TERHADAP INFORMASI (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pengelola PLIK dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Menggunakan Intenet sebagai Sumber Informas
    Fokus : Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Skema : Penelitian Produk Terapan
    Pimpinan : DEDEH FARDIAH
    Tahun Pengajuan : 2013 - 2014
    Tahun Implementasi : 2015
    10 Pola Komunikasi Orangtua dalam Mencegah Tindakan Kekerasan Terhadap Anak (Survey di Kota Bandung)
    Fokus : Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Skema : Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi
    Pimpinan : RINI RINAWATI
    Tahun Pengajuan : 2014 - 2014
    Tahun Implementasi : 2015
  • 2. Pengabdian

  • 1 PELATIHAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI MOTEKAR DALAM PEMBERDAYAAN KELUARGA BINAAN PADA MASA NEW NORMAL DI KECAMATAN MAJALAYA
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
  • 3. Publikasi

  • 3.1. Schoolar
    1 LAPORAN AKHIR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: KOMUNlKASI ANTARPRIBADI ANAK DI SEKOLAH DALAM MENCEGAH TINDAK KEKERASAN
    Jurnal : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG, 2017
    Penulis : R Rinawati, D Fardlah, Y Supriadi, D Rahmattia, S Purnamasari, ...
    2 KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANAK DI SEKOLAH DALAM MENCEGAH TINDAK KEKERASAN
    Jurnal : Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora 7 (2), 292-300, 2017
    Penulis : R Rinawati, D Fardiah, Y Supriyadi
    3 GEOLOGI DAERAH SIRNASARI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN JAMPANG SURADE, KABUPATEN SUKABUMI, PROVINSI JAWA BARAT
    Jurnal : Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Geologi 1 (1), 2018
    Penulis : OKI BURHAN
    4 Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk warung salse
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 73-81, 2018
    Penulis : D Rahmattia, R Rinawati
    5 PNGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN PADA SISTEM GERAK KELAS XI SMAN …
    Jurnal : UNIVERSITAS HAMZANWADI, 2018
    Penulis : R Rinawati
    6 PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII MTs INSAN TAKWA BOGOR
    Jurnal : Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia 2 (2), 2018
    Penulis : R Rinawati
    7 Synthesis of algal-silica-magnetite hybrids from red algae biomass as methylene blue adsorbents in aqueous solution
    Jurnal : The 4th International Conference on Water Resource and Environment (WRE 2018), 2018
    Penulis : Buhani, Suharso, Rinawati, Sumadi
    8 Promosi Aplikasi KAI ACCESS dengan Minat Beli Tiket Online
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 160-165, 2018
    Penulis : AA Kusumawhardani, R Rinawati
    9 Brand Repositioning Eiger sebagai Produk Outdoor
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 82-87, 2018
    Penulis : HM Akbar, R Rinawati
    10 Hubungan Antara Jingle Iklan †œNego Cincai†di Tv dengan Brand Awareness Bukalapak
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 399-404, 2018
    Penulis : CYP Sari, R Rinawati
    11 Hubungan Terpaan Iklan di Televisi dengan Kepercayaan Diri Mahasiswi
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 455-462, 2018
    Penulis : C Catellya, R Rinawati
    12 Hubungan antara Instagram Stories dengan Eksistensi Diri
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 474-478, 2018
    Penulis : HR Hardimulya, R Rinawati
    13 Komunikasi Non Verbal Dancer D̢۪ soul Company
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 551-556, 2018
    Penulis : SN Setiawan, R Rinawati
    14 Semiotika Sesajen dalam Upacara Nyajen di kampung Cireundeu
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 802-807, 2018
    Penulis : W Pratama, R Rinawati
    15 DECISION SUPPORT SYSTEMMENGGUNAKAN METODE SAW DALAM MENENTUKAN KINERJA APARATUR PEMERINTAH KECAMATAN
    Jurnal : EXPERT 8, 2018
    Penulis : ZK MI Mahdi, R Rinawati, T Susilowati
    16 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN PADA SISTEM GERAK KELAS XI SMAN …
    Jurnal : Cocos Bio 4 (1), 12-18, 2019
    Penulis : R Rinawati
    17 Hubungan Tagline †œJadi Terbaik Itu Pilihan Terbaik†JD. ID dengan Minat Beli Konsumen di Kalangan Mahasiswa
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 649-660, 2019
    Penulis : VM Fahreza, R Rinawati
    18 Representasi kekerasan terhadap pasangan dalam Film Posesif
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 808-814, 2019
    Penulis : T Darmayani, R Rinawati
    19 Kampanye Pariwisata Car Free Night Asia Afrika oleh Pemerintah Kota Bandung
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : Q Wasilah, R Rinawati
    20 Konsep Diri Korean Role Play (Studi Fenomenologi pada Korean Role Player dalam Dunia Virtual Role Play World di Media Sosial Twitter)
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : DN Ghassani, R Rinawati
    21 Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Warung Salse
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : D Rahmattia, R Rinawati
    22 Hubungan Antara Jingle Iklan “Nego Cincai” di Tv dengan Brand Awareness Bukalapak
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : CYP Sari, R Rinawati
    23 Brand Repositioning Eiger sebagai Produk Outdoor
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : HM Akbar, R Rinawati
    24 Hubungan antara Jingle Iklan" Shopee Slank Pasti Ada" di TV dengan Brand Awareness Shopee
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 661-666, 2019
    Penulis : IR Adzelia, R Rinawati
    25 Hubungan antara Kegiatan Diskusi dengan Sikap Menunda Pernikahan Anak
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : HR Ningrum, R Rinawati
    26 Hubungan Pesan Price Discount dengan Keputusan Pembelian di Vearst Jeans
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : A Kusuma, R Rinawati
    27 Hubungan antara Product Review dengan Keputusan Pembelian
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : G Gunawan, R Rinawati
    28 Hubungan antara Word of Mouth (WOM) Rumah Bermain Jejakecil dengan Keputusan Orang Tua Mengikutsertakan Anak
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : RT Kaulika, R Rinawati
    29 Hubungan antara Brand Ambassador dengan Brand Awareness Mischief Denim
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : M Sari, R Rinawati
    30 Hubungan Daya Tarik Iklan Ramayana di Situs Online Youtube dengan Minat Beli
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : T Nur'aini, R Rinawati
    31 Communication Planning PT. Dirgantara Indonesia in Product Marketing N219
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : MQ Nasution, R Rinawati
    32 Promotion Strategy PT. Pos Indonesia
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : M Az-Zahra, R Rinawati
    33 Relationship Between Concept Store Atmosphere and Consumer Buying Interest at Kedai Kopi Bara
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : ZF Fadhlih, R Rinawati
    34 Relation Of Brand Equity with Product Purchase Decision
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : MD Putri, R Rinawati
    35 Tanda Komunikasi antar Pribadi Siswa Tunarungu dengan Guru dalam Rangka Menghindari Kekerasan
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 280-285, 2019
    Penulis : U Khasanah, R Rinawati
    36 Pengaruh Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian Produk Madu Perhutani
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 568-573, 2019
    Penulis : KFM Nugraha, R Rinawati
    37 Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Grow Up
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : IR Muhartia, R Rinawati
    38 Strategi Komunikasi Muallaf dalam Resolusi Konflik di Keluarga
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 511-517, 2019
    Penulis : FT Imami, R Rinawati
    39 Strategi Kampanye Politik Oded M. Danial-Yana Mulyana melalui Media Sosial Instagram@ Oded_Yana
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 73-80, 2019
    Penulis : A Rafsanjani, R Rinawati
    40 The Correlations of CINTA POS Organizational Culture Between Employees Productivity at PT Pos Indonesi Regional 5 Bandung
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : FFM Iqbal, R Rinawati
    41 Representasi dangdut kontemporer dalam acara D’Academy
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2019
    Penulis : D Andiani, R Rinawati
    42 Analisis Kompetensi Inti Librarian 3.0 dalam Mendukung Transformasi Library 3.0 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta
    Jurnal : Jurnal Ilmu Perpustakaan 8 (1), 42-52, 2019
    Penulis : R Rinawati, AOP Dewi
    43 Government and Society Synergy For Community-Based Internet Development
    Jurnal : MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan 35 (2), 265-276, 2019
    Penulis : D Fardiah, F Darmawan, R Rinawati
    44 Community Based Communication Model: Development of Information and Communication Technology in the Village
    Jurnal : the Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2018) 307 (Atlantis Press …, 2019
    Penulis : D Fardiah, F Darmawan, R Rinawati
    45 Communication in Family Resilience
    Jurnal : Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2018), 453-457, 2019
    Penulis : R Rinawati, D Fardiah, MS Drajat, MS Syafianugraha
    46 Hubungan antara Promosi Penjualan di Instagram dengan Minat Beli Konsumen
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi 6 (2), 613-616, 2020
    Penulis : PR Andaru, R Rinawati
    47 Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Rebranding (Studi Kasus Rebranding PO. Mulyasari Pratama menjadi PO. Gustika Trans)
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi 6 (2), 589-593, 2020
    Penulis : SG Noviantina, RR Rinawati
    48 Strategi Digital Marketing Brand Lokal melalui Instagram PALA Nusantara
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi 6 (2), 473-477, 2020
    Penulis : A Nurgiansary, R Rinawati
    49 Hubungan antara Kualitas Produk dengan Minat Beli Ulang Konsumen
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 165-169, 2020
    Penulis : I Mahendra, R Rinawati
    50 Media Literacy for Dissemination Anticipated Fake News on Social Media
    Jurnal : Mediator: Jurnal Komunikasi 13 (2), 278-289, 2020
    Penulis : D Fardiah, R Rinawati, F Darmawan, R Abdul, K Lucky
    51 Media literacy capabilities of broadcast monitoring in regional Indonesian broadcasting commission (KPID) of West Java
    Jurnal : Jurnal komunikasi-Malaysian journal of communicafion 36 (4), 126-142, 2020
    Penulis : D Fardiah, F Darmawan, R Rinawati
    52 The Influence of Knowledge about Korean Culture on Decision of Purchasing Korean Mobile phones
    Jurnal : Mediator: Jurnal Komunikasi 13 (1), 1-10, 2020
    Penulis : A Satriani, R Rinawati
    53 Media Literacy Abilities of Broadcast Monitoring Volunteers to Encourage Healthy Broadcast
    Jurnal : 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 240-246, 2020
    Penulis : D Fardiah, F Darmawan, R Rinawati
    54 Utilization of Social Media in Developing Community-Based Internet on Village
    Jurnal : 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 277-282, 2020
    Penulis : F Darmawan, D Fardiah, R Rinawati
    55 Strategi Digital Marketing Brand Lokal melalui Instagram PALA Nusantara
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2021
    Penulis : A Nurgiansary, R Rinawati
    56 Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMA di Kota Bandung
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 341-345, 2021
    Penulis : D Nugraha, R Rinawati
    57 Pengelolaan Website covid19. bandung. go. id dalam Menginformasikan Penyebaran Virus Corona di Kota Bandung
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 459-462, 2021
    Penulis : R Hardiansyah, R Rinawati
    58 Konstruksi Gender dalam Film Kucumbu Tubuh Indahku
    Jurnal : Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 94-101, 2021
    Penulis : VM Loematta, R Rinawati
    59 Hoax Digital Literacy on Instagram
    Jurnal : Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia 6 (2), 171-186, 2021
    Penulis : D Fardiah, F Darmawan, R Rinawati
    60 Perempuan dan Kekerasan Seksual dalam Kampanye Komunitas Samahita.
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi 7 (1), 82-86, 2021
    Penulis : G Fatwati, R Rinawati
    61 Representasi Budaya Komunikasi Masyarakat Jawa dan Eropa dalam Film Bumi Manusia
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi 7 (1), 170-175, 2021
    Penulis : R Sangkhylang, R Rinawati
    62 Pola Komunikasi Lintas Budaya Mahasiswa Indonesia di Thailand
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi 7 (1), 79-81, 2021
    Penulis : AR Puspita, R Rinawati
    63 Hubungan Kegiatan Promosi Brand Ambassador dengan Minat Siswa Menggunakan Aplikasi Ruangguru
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2021
    Penulis : MA Lukman, R Rinawati
    64 Hubungan antara Promosi Penjualan di Instagram dengan Minat Beli Konsumen
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2021
    Penulis : PR Andaru, R Rinawati
    65 Hubungan Karakteristik Demografis Penonton Channel Gitasav dengan Penggunaan Media sebagai Pemenuhan Kebutuhan Informasi Warganet
    Jurnal : Prosiding Manajemen Komunikasi, 2021
    Penulis : SA Zahra, R Rinawati
    66 Analisis Logam Berat Cd, Fe Dan Pb Pada Air Sungai Way Umpu Kabupaten Way Kanan Secara Spektrofotometer Serapan Atom
    Jurnal : Analit: Analytical and Environmental Chemistry 7 (1), 68-79, 2022
    Penulis : AA Kiswandono, SI Prasetyo, R Rinawati, A Rahmawati, A Risgiyanto
    67 Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok sebagai Media Promosi Brand El Pietro
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 2 (2), 763-766, 2022
    Penulis : P Syifa, R Rinawati
    68 Konstruksi Makna Budaya Ngopi sebagai Sarana Komunikasi Antarpribadi Remaja
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 2 (2), 799-805, 2022
    Penulis : K Novinka, R Rinawati
    69 Komunikasi Efektif Motivator Ketahanan Keluarga Dalam Pemberdayaan Masyarakat
    Jurnal : Jurnal Media Pengabdian Komunikasi 1 (2), 119-130, 2022
    Penulis : R Rinawati, F Darmawan, D Fardiah, N Kurniati
    70 Fact-checking literacy of Covid-19 Infodemic on social media in Indonesia
    Jurnal : Komunikator 14 (1), 14-29, 2022
    Penulis : D Fardiah, F Darmawan, R Rinawati
    71 Visual Communication Skills for Motivators of Family Resilience during the Covid 19 Pandemic
    Jurnal : 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 289-292, 2022
    Penulis : F Darmawan, R Rinawati, D Fardiah, N Kurniati
    72 Visual Communication@ Jabarsaberhoaks in Digital Literacy Education to Counteract Hoaxes on Instagram
    Jurnal : 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 293-298, 2022
    Penulis : F Darmawan, D Fardiah, R Rinawati
    73 Blocking hoax information in a disruptive era
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 653-661, 2022
    Penulis : F Darmawan, D Fardiah, R Rinawati, KL Fadillah, RA Aziz
    74 Hubungan Iklan" Ingat Pesan Ibu" dengan Penerapan Protokol Kesehatan
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 2 (1), 73-81, 2022
    Penulis : V Azizah, R Rinawati
    75 Hubungan antara Motivasi Penggunaan Aplikasi Media Sosial TikTok dengan Motif Mencari Identitas Diri di Kota Bandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 2 (1), 55-60, 2022
    Penulis : AS Nurvadila, R Rinawati
    76 Pengelolaan Media Sosial Instagram Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Dalam Memenuhi Informasi Publik
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 2 (1), 113-119, 2022
    Penulis : A Nursiwan, R Rinawati
    77 Hubungan antara Pengunaan Media Sosial Instagram dengan Penerapan Informasi Tentang Covid-19
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 2 (1), 166-172, 2022
    Penulis : R Rinawati
    78 JCC sebagai Komunikasi Digital Terpadu Informasi Kebencanaan di Jawa Barat
    Jurnal : Jurnal Komunikasi 18 (1), 2023
    Penulis : D Fardiah, F Darmawan, R Rinawati, VEM Supaat, SI Abdullah
    79 Public Speaking of Regional Children's Forum (FAD) in West Java Province
    Jurnal : KnE Social Sciences, 1282–1290-1282–1290, 2023
    Penulis : R Rinawati, F Darmawan, D Fardiah, MS Drajat
    80 The Impact of Hoax Educational Content on Instagram in Improving People's Digital Literacy Skills
    Jurnal : KnE Social Sciences, 1315–1324-1315–1324, 2023
    Penulis : D Fardiah, F Darmawan, R Rinawati, YW Cholifah, SI Abdullah
    81 Literasi Digital Lansia
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (2), 963-969, 2023
    Penulis : AV Tamika, R Rinawati
    82 The Penggunaan Akun Kedua di Media Sosial Instagram
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (2), 869-876, 2023
    Penulis : DMG Hermulya, R Rinawati
    83 Pola Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Perantau Asal Pontianak di Kota Bandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (2), 992-998, 2023
    Penulis : ST Shabira, R Rinawati
    84 Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru dengan Orang Tua terhadap Pengetahuan Perkembangan Sosial Emosional Anak
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (2), 573-580, 2023
    Penulis : S Wahyuni, R Rinawati
    85 Representasi Komunikasi Gender dalam Film Penyalin Cahaya
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (2), 665-668, 2023
    Penulis : AC Anggraini, R Rinawati
    86 Komunikasi Terapeutik Dokter dalam Memotivasi Pasien Kanker Payudara untuk Menjalani Kemoterapi
    Jurnal : Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains 5 (2), 159-166, 2023
    Penulis : A Asmara, R Rinawati
    87 Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Brand Fashion Melalui Media Sosial Instagram
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 663-667, 2023
    Penulis : PAG Umbara, R Rinawati
    88 Etika Komunikasi K-Popers Indonesia di Media Sosial Instagram
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 58-69, 2023
    Penulis : R Mariva, R Rinawati
    89 Strategi Komunikasi Pemasaran pada Rebranding Usaha Kuliner Kopi
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 124-129, 2023
    Penulis : N Rachmi, R Rinawati
    90 Strategi Social Media Marketing WOM Finance dalam Mempromosikan Produk Cicil Logam Mulia MASKu
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 220-223, 2023
    Penulis : R Rahmadian, R Rinawati
    91 Strategi Pengelolaan Konten Media Sosial Instagram pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 394-397, 2023
    Penulis : K Rindika, R Rinawati
    92 Hubungan Konten Instagram sebagai Media Promosi Fashion Muslim dengan Keputusan Pembelian Followers
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 371-375, 2023
    Penulis : RA Septiardi, R Rinawati
    93 Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Jasa Dokumentasi Visual Studio Kolektifan
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 241-247, 2023
    Penulis : NH Ma'ruf, R Rinawati
    94 Hubungan Iklan Shopee 12.12 di Instagram dengan Perilaku Konsumtif Remaja
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 3 (1), 166-171, 2023
    Penulis : A Muktiwidari, R Rinawati
    95 Instagram Content Impact on Digital Literacy Capability
    Jurnal : Jurnal ASPIKOM 8 (1), 79-94, 2023
    Penulis : D Fardiah, F Darmawan, R Rinawati, YW Cholifah, SI Abdullah
    96 Pola Komunikasi antar Budaya Masyarakat Multietnis di Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleran
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 4 (1), 2024
    Penulis : AN Afifah, R Rinawati
    97 Komunikasi Lintas Budaya pada Mahasiswa Perantauan di Universitas Islam Bandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 4 (1), 2024
    Penulis : RAG Suseno, R Rinawati
    98 Representasi Peran Perempuan pada Konteks Patriarki dalam Film" Yuni"
    Jurnal : Bandung Conference Series: Journalism 4 (1), 2024
    Penulis : INI Dewi, R Rinawati
    99 Lesbi dan Gay dalam Permainan Peran di Twitter
    Jurnal : Bandung Conference Series: Communication Management 4 (1), 2024
    Penulis : MM PJ, R Rinawati
    100 Digital Literacy for Women's Empowerment: A Solution to Grow Awareness of Countering Hoaxes
    Jurnal : MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 2024
    Penulis : D Ahmadi, R Rinawati, D Fardiah, F Darmawan, M Umar, NK Syam
  • 3.2. Scopus
    1 Media literacy capabilities of broadcast monitoring in regional Indonesian broadcasting commission (KPID) of West Java
    Jurnal Q : 2
    Pencipta : Fardiah D.
  • 3.3. WoS (Web of Science)
    1 Media Literacy Capabilities of Broadcast Monitoring in Regional Indonesian Broadcasting Commission (KPID) of West Java
    Tahun : 2020
    Jurnal : JURNAL KOMUNIKASI-MALAYSIAN JOURNAL OF COMMUNICATION
    Penulis : Fardiah, D; Darmawan, F; Rinawati, R;
  • 3.4. Buku
    1 Kontruksi Nilai-Nilai Keluarga Indonesia Dalam Strategi Iklan
    Kategori : buku monograf
    Penulis : Elizabet Novena Winarta, Widayatmoko
    Penerbit : Universitas Jenderal Soedirman, Purwokwrto, 2012
    2 Prosiding Call for Paper : Komunikasi dan Permasalahan Korupsi di Indonesia : Jakarta, 7 Juli 2012
    Kategori : buku referensi
    Penulis : Syaiful Halim, dkk.
    Penerbit : Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis (PUSKOMBIS) Univ, Jakarta, 2012
    3 Karakteristik Gambar Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Jakarta dalam Prosiding Seminar Nasional PPKM Sosial, Ekonomi, dan Humaniora : Bandung, 13-14 November 2010
    Kategori : lainnya
    Penulis : Ariesa Pandanwangi; Yasraf Amir Piliang; Nuning D. Adisasmito
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas P2U LPPM Unisba, Bandung, 2011
    4 Proceeding : Seminar Hasil Penelitian dan PKM : Bandung, November 2010
    Kategori : lainnya
    Penulis : Rini Rinawati
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas P2U LPPM Unisba, Bandung, 2010
    5 Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat
    Kategori : buku referensi
    Penulis : Rini Rinawati
    Penerbit : Unpad Press, Bandung, 2009
  • 3.5. Garuda
    1 Komunikasi Antarbudaya dalam Momentum Pelaksanaan Ibadah Haji
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2002
    2 Pengaruh Sinetron terhadap Sikap Ibu-Ibu Mengenai Peran Ganda Wanita
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2002
    3 Komunikasi Antarbudaya dalam Momentum Pelaksanaan Ibadah Haji
    Penerbit : FIkom Unisba, 2002
    4 Pengaruh Sinetron terhadap Sikap Ibu-Ibu Mengenai Peran Ganda Wanita
    Penerbit : FIkom Unisba, 2002
    5 Partisipasi Wanita dalam Pembangunan
    Penerbit : Universitas Islam Bandung, 2004
    6 Komunikasi dan Pembangunan Partisipatif
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2006
    7 Dramaturgi Poligami
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2006
    8 Komunikasi dan Pembangunan Partisipatif
    Penerbit : FIkom Unisba, 2006
    9 Dramaturgi Poligami
    Penerbit : FIkom Unisba, 2006
    10 Konsep Waktu: Perspektif Komunikasi, Islam, dan Anak TK
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2007
    11 “Lifestyle” Muslimah
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2007
    12 Keterlibatan Perempuan dalam Pengambilan Keputusan Pada Perencanaan Pembangunan
    Penerbit : Universitas Islam Bandung, 2007
    13 Konsep Waktu: Perspektif Komunikasi, Islam, dan Anak TK
    Penerbit : FIkom Unisba, 2007
    14 “Lifestyle” Muslimah
    Penerbit : FIkom Unisba, 2007
    15 Pola Komunikasi Terapeutik Perawat dan Pasien Hemodialisis
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2008
    16 Pola Komunikasi Terapeutik Perawat dan Pasien Hemodialisis
    Penerbit : FIkom Unisba, 2008
    17 Optimalisasi Plik (Pusat Layanan Internet Kecamatan) Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Masyarakat Terhadap Informasi
    Penerbit : Universitas Islam Bandung, 2014
    18 KOMUNIKASI ANTARPERSONA ANAK DENGAN ORANGTUA DALAM MENCEGAH KEKERASAN
    Penerbit : Universitas Mercu Buana, 2016
    19 KOMUNIKASI ANTARPERSONA ANAK DENGAN ORANGTUA DALAM MENCEGAH KEKERASAN
    Penerbit : Jurnal Visi Komunikasi, 2016
    20 Pola Komunikasi dalam Pencegahan KDRT di Jawa Barat
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2017
    21 Government and Society Synergy For Community-Based Internet Development
    Penerbit : Universitas Islam Bandung, 2019
    22 MEDIA LITERACY FOR DISSEMINATION ANTICIPATED FAKE NEWS ON SOCIAL MEDIA
    Penerbit : Unisba Press, 2020
    23 Hubungan antara Pengetahuan Budaya Korea dengan Keputusan Pembelian Handphone Korea
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2020
    24 Hoax Digital Literacy on Instagram
    Penerbit : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2021
    25 Komunikasi Efektif Motivator Ketahanan Keluarga Dalam Pemberdayaan Masyarakat
    Penerbit : Universitas Garut, 2022
    26 Hubungan antara Pengunaan Media Sosial Instagram dengan Penerapan Informasi Tentang Covid-19
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    27 Pengelolaan Media Sosial Instagram Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Dalam Memenuhi Informasi Publik
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    28 Hubungan Iklan "Ingat Pesan Ibu" dengan Penerapan Protokol Kesehatan
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    29 Hubungan antara Motivasi Penggunaan Aplikasi Media Sosial TikTok dengan Motif Mencari Identitas Diri di Kota Bandung
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    30 Konstruksi Gender dalam Film Kucumbu Tubuh Indahku
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2022
    31 Fact-checking Literacy of Covid-19 Infodemic on Social Media in Indonesia
    Penerbit : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2022
    32 Pola Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Perantau Asal Pontianak di Kota Bandung
    Penerbit : UNISBA Press, 2023
    33 Literasi Digital Lansia: (Studi Fenomenologi Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Pada Lansia Indonesia Ramah Lansia Kota Bandung)
    Penerbit : UNISBA Press, 2023
    34 Instagram Content Impact on Digital Literacy Capability
    Penerbit : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM), 2023
  • 4. Matakuliah - Dosen Mengajar TA 2024/2025

  • 4.1. Semester Ganjil
    1 HAA101 - FILSAFAT DAN PARADIGMA KOMUNIKASI
    SKS : 4
    Prodi : Doktor Ilmu Komunikasi
    Kelas : A
    2 HAB102 - KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI
    SKS : 2
    Prodi : Magister Ilmu Komunikasi
    Kelas : A
    3 HAB102 - KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI
    SKS : 2
    Prodi : Magister Ilmu Komunikasi
    Kelas : B
    4 HAB191 - SEMINAR USULAN PENELITIAN
    SKS : 2
    Prodi : Magister Ilmu Komunikasi
    Kelas : O
    5 HBB204 - BUDAYA KOMUNIKASI BISNIS
    SKS : 2
    Prodi : Magister Ilmu Komunikasi
    Kelas : AA
    6 HEB202 - STRATEGI MEDIA DALAM PROMOSI KESEHATAN
    SKS : 3
    Prodi : Magister Ilmu Komunikasi
    Kelas : A
    7 HAC102 - Pengantar Ilmu Komunikasi
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : D
    8 HAC201 - Filsafat Komunikasi
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : B
    9 HAC201 - Filsafat Komunikasi
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : E
    10 HAC492 - Seminar Proposal
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : W
    11 HAC493 - Skripsi
    SKS : 6
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : W
  • 4.2. Semester Genap
Profil Dosen