foto
MOH. SUBUR DRAJAT, DRS., M.SI.

UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

NIK D940205
NIDN/NIDK 0427106701
Jabatan Struktural Kepala Seksi Laboratorium Televisi
Jabatan Fungsional LEKTOR
Fakultas Ilmu Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi
Email mohamad.subur@unisba.ac.id

125

Skor SINTA v3 Keseluruhan

48.25

Skor SINTA v3 3 Tahun

125

Skor Afiliasi v3 Keseluruhan

48.25

Skor Afiliasi v3 3 Tahun
  • 1. Penelitian

  • 1 PERSEPSI MODERASI BERAGAMA DI MEDIA PENYIARAN (STUDI DESKRIPTIF PADA PENGELOLA TVMU JAWA BARAT)
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : HIBAH PENELITIAN FAKULTAS
    Pimpinan : DEDE LILIS CH
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
    2 PENGARUH KOMUNIKASI PELAYANAN DI SAAT PANDEMI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNISBA (STUDI KORELASI MENGENAI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT)
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN UTAMA
    Pimpinan : TRESNA WIWITAN
    Tahun Pengajuan : 2020 - 2021
    Tahun Implementasi : 2021
    3 PENDEKATAN KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PEMBANGUNAN DESA DI KABUPATEN BANDUNG
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN DOSEN UTAMA
    Pimpinan : DEDE LILIS CH
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
    4 PERAN KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) JAWA BARAT DALAM MENCEGAH KEPANIKAN WARGA TERKAIT BERITA DAN INFORMASI MENGENAI COVID-19
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENELITIAN KHUSUS COVID-19
    Pimpinan : YADI SUPRIADI
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
    5 Komunikasi Dalam Membangun Ketahanan Keluarga
    Fokus : Kebencanaan
    Skema : Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi
    Pimpinan : RINI RINAWATI
    Tahun Pengajuan : 2017 - 2017
    Tahun Implementasi : 2018
    6 HUBUNGAN IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI KOPERTIS DENGAN KEPUASAN KERJA DOSEN PERGURUAN TINGGI SWASTA
    Fokus : Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Skema : Penelitian Produk Terapan
    Pimpinan : DADAN MULYANA
    Tahun Pengajuan : 2014 - 2014
    Tahun Implementasi : 2015
  • 2. Pengabdian

  • 1 PEMBERDAYAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) KELURAHAN SE-KOTA BANDUNG MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2018 - 2019
    Tahun Implementasi : 2019
    2 PEMBERDAYAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) KELURAHAN SE-KOTA BANDUNG DALAM DIGITAL LITERASI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2019 - 2020
    Tahun Implementasi : 2020
    3 PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BARU DI BIDANG JASA BOGA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SEBAGAI MEDIA BISNIS
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2021 - 2022
    Tahun Implementasi : 2022
    4 PUBLIC SPEAKING DAN TEKNIK PRESENTASI FORUM ANAK DAERAH (FAD) PROVINSI JAWA BARAT DALAM MENCEGAH KEKERASAN TERHADAP ANAK
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2021 - 2022
    Tahun Implementasi : 2022
    5 PENCEGAHAN STUNTING MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI KESEHATAN DALAM BENTUK DIGITAL MEDIA CAMPAIGN KECAMATAN MANGKUBUMI TASIKMALAYA
    Fokus : SOSIAL HUMANIORA, EKONOMI DAN PENDIDIKAN
    Skema : PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT
    Tahun Pengajuan : 2022 - 2023
    Tahun Implementasi : 2023
  • 3. Publikasi

  • 3.1. Schoolar
    1 Film Dan Pemanfaatan Taman Film Sebagai Media Kreatif Sineas Muda Kota Bandung
    Jurnal : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Yogyakarta, 2014
    Penulis : A Ani Yuningsih, M Husen Fahmi, MS Drajat
    2 Penerapan †œRebo Sunda†Sebagai Upaya Meningkatkan Citra SMA Pasundan 1 Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 449-455, 2015
    Penulis : RR Putra
    3 Penerapan “Rebo Sunda” Sebagai Upaya Meningkatkan Citra SMA Pasundan 1 Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2015
    Penulis : RR Putra
    4 Perencanaan Komunikasi Bank Mandiri Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 48-54, 2015
    Penulis : MS Drajat
    5 HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN PROMOSI HUMAS HOTEL ENDAH PARAHYANGAN DENGAN MINAT KONSUMEN
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 71-77, 2015
    Penulis : MB Rivaldi, S Drajat
    6 Pelayanan Komunikasi Museum Geologi dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Wisatawan Lokal
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 169-176, 2015
    Penulis : AC Ardiani, S Drajat
    7 Efektivitas Akun Twitter@ IdDKP sebagai Media untuk Gerakan Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik di Masyarakat
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 55-60, 2015
    Penulis : BS Murni, S Drajat
    8 Hubungan Antara Komunikasi Antarbudaya dengan Sikap Mahasiswa Unisba
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 314-317, 2015
    Penulis : MS Drajat
    9 CITRA ORGANISASI KEMAHASISWAAN FIKOM DI BENAK MAHASISWA UNISBA
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 371-377, 2015
    Penulis : IS Prasetya, MS Drajat
    10 Penrapan “Rebo Sunda” sebagai Upaya Meningkatkan Citra SMA Pasundan 1 Bandung
    Jurnal : Prosiding Penelitian SPeSIA, hal, 364-370, 2015
    Penulis : RR Putra, MS Drajat
    11 Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat dalam Menggunakan Listrik secara Hemat
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2016
    Penulis : SM Gayatri, MS Drajat
    12 Kegiatan Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten dalam Mengelola Komunikasi Internal
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 1-8, 2016
    Penulis : R Sriwijaya, MS Drajat
    13 Strategi Komunikasi Diskominfo Kota Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 95-102, 2016
    Penulis : A Rachman, MS Drajat
    14 Proses Operasional Public Relations PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 123-128, 2016
    Penulis : L Nunis, S Drajat
    15 Hubungan Aktivitas Public Relations dengan Kinerja Financial Consultant
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 305-310, 2016
    Penulis : R Rusmeikawati, MS Drajat
    16 Tanggapan Masyarakat Mengenai Pelaksanaan Pelayanan PPID Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Keterbukaan Informasi Publik
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 323-328, 2016
    Penulis : RA Utarie, MS Drajat
    17 Hubungan antara Nilai-Nilai Solidaritas dalam Film Everest dengan Minat Naik Gunung Ke Everest di Kalangan Komunitas Wanadri Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2016
    Penulis : E Widianingsih, MS Drajat
    18 Pola Komunikasi Internal Penggiat Bisnis Wanita & Pria dalam Sektor Usaha Kecil dan Menengah
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 644-651, 2016
    Penulis : RN Savannah, MS Drajat
    19 Tanggapan Mahasiswa Mengenai Iklan Layanan Masyarakat di Media Videotron
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 944-949, 2016
    Penulis : AR Ladika, MS Drajat
    20 Hubungan Kegiatan Employee Relations Pertamina Cilacap dengan Motivasi Karyawan
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 883-887, 2016
    Penulis : DM Nurfitriana, MS Drajat
    21 Ketergantungan Remaja Terhadap Teknologi Komunikasi
    Jurnal : Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora 6 (1), 577-582, 2016
    Penulis : T Ratmanto, M Suherman, MS Drajat
    22 STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN †œDESA PINTER†DI KABUPATEN BANDUNG
    Jurnal : Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora 7 (2), 418-425, 2017
    Penulis : D Fardiah, R Rinawati, MS Drajat
    23 Aktivitas Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Menjalankan Media Internal E-Office
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 444-450, 2017
    Penulis : NK Rahdiani, MS Drajat
    24 Strategi Community Development yang Dilakukan Oleh Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di PT. Taspen (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 277-282, 2017
    Penulis : K Auliya, MS Drajat
    25 Citra Perum Damri Kota Bandung Melalui Pembaharuan Fasilitas dan Pelayanan
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2017
    Penulis : Y Permadiningrat, MS Drajat
    26 Kegiatan Employee Relations dalam Upaya Pembentukan Citra di Kalangan Karyawan PT. Infomedia Nusantara Jawa Barat
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2017
    Penulis : SS Hidayat, MS Drajat
    27 STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN “DESA PINTER” DI KABUPATEN BANDUNG
    Jurnal : Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora 7 (2), 418-425, 2017
    Penulis : D Fardiah, R Rinawati, MS Drajat
    28 Pengelolaan Opini Nasabah di Bank Permata
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 523-531, 2018
    Penulis : CN Damayanti, MS Drajat
    29 Kegiatan Public Relations di Badan Pengelola Pendapatan Daerah kota Bandung dalam Mensosialisasikan Bayar Pajak
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 798-806, 2018
    Penulis : A Amierah, S Drajat
    30 Makna †œDjarum Beasiswa Plus†Bagi Penerima Beasiswa Djarum
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 515-522, 2018
    Penulis : FW Koswara, MS Drajat
    31 Strategi Humas PT. Dirgantara Indonesia dalam Memperbaiki Citra Pasca Krisis Perusahaan
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 700-707, 2018
    Penulis : MZ Ependi, S Drajat
    32 Program †œPilkada†Perusahaan Rabbani Sebagai Kegiatan PR
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 576-582, 2018
    Penulis : DH Marina, S Drajat
    33 The Relationship between The Earth Campaign and The reactions from The Residents toward The Electricity Usage
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat
    Penulis : SM Gayatri, MS Drajat
    34 The Relation of Pertamina Cilacap Employee Relation’s Activity with Employee Motivation
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat
    Penulis : DM Nurfitriana, MS Drajat
    35 Peran Public Relations dalam Film Hancock
    Jurnal : Inter Komunika 3 (2), 145-152, 2018
    Penulis : MRN Arkian, MS Drajat, D Ahmadi
    36 Hubungan Strategi †œ Simple and Focus †œ sebagai Pelayanan Produk Smartphone Oppo dengan Meningkatnya Citra Perusahaan
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 451-457, 2019
    Penulis : NR Aprilia, S Drajat
    37 Strategi Marketing Public Relations Ismaya Group
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : DN Patilaya, S Drajat
    38 Pengelolaan Opini Nasabah di Bank Permata
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : CN Damayanti, MS Drajat
    39 Strategi Community Development yang Dilakukan Oleh Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di PT. Taspen (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : K Auliya, MS Drajat
    40 Kegiatan Stakeholder Relations di Trans Studio Mall Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : GR Fauziyyah, MS Drajat
    41 Kegiata Stakeholder Relations PT Ciptamedia Kreasi Mandiri
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 296-305, 2019
    Penulis : AA Syahwildan, MS Drajat
    42 Strategi Komunikasi Viking Persib Club dalam Mendukung Persib Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : RA Hidayat, MS Drajat
    43 Strategi Media Relations PDAM Tirtawenig dalam Mempublikasikan Program SPAM Gedebage
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 288-295, 2019
    Penulis : I Afriliyani, MS Drajat
    44 Safari Media Sebagai Strategi Media Relations PT. Angkasa Pura II (Persero)
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 171-178, 2019
    Penulis : DA Hapsari, S Drajat
    45 Hubungan Strategi “Simple and Focus “sebagai Pelayanan Produk Smartphone Oppo dengan Meningkatnya Citra Perusahaan
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat
    Penulis : NR Aprilia, S Drajat
    46 Makna “Djarum Beasiswa Plus” Bagi Penerima Beasiswa Djarum
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : FW Koswara, MS Drajat
    47 Kampung Bule sebagai City Branding Kota Yogyakarta
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : M Putri, MS Drajat
    48 Program “Pilkada” Perusahaan Rabbani Sebagai Kegiatan PR
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : DH Marina, S Drajat
    49 Aktivitas Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Menjalankan Media Internal E-Office
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : NK Rahdiani, MS Drajat
    50 Kegiatan Public Relations di Badan Pengelola Pendapatan Daerah kota Bandung dalam Mensosialisasikan Bayar Pajak
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2019
    Penulis : A Amierah, S Drajat
    51 Communication in Family Resilience
    Jurnal : Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2018), 453-457, 2019
    Penulis : R Rinawati, D Fardiah, MS Drajat, MS Syafianugraha
    52 Strategi Community Relations PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit VI Balongan
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat 6 (2), 203-210, 2020
    Penulis : ZR Agatha, MS Drajat
    53 Hubungan antara Komunikasi Nonverbal Pengajar dengan Motivasi Belajar Siswa
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat 6 (2), 184-187, 2020
    Penulis : ASN Huda, MS Drajat
    54 Kegiatan Public Relations Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat 6 (2), 153-158, 2020
    Penulis : KM Lubis, MS Drajat
    55 Strategi Public Relations Perusahaan dalam Membangun Stakeholders Relations
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat 6 (2), 302-306, 2020
    Penulis : SE Fithri, MS Drajat
    56 Community Information Group (KIM)
    Jurnal :
    Penulis : A Yuningsih, MH Fahmi, MS Drajat, E Setiawan
    57 The Role of The West Java Indonesian Broadcasting Commission (KPID) in Preventing Citizen Panic Related to News and Information Regarding Covid-19
    Jurnal : Mediator: Jurnal Komunikasi 13 (2), 167-177, 2020
    Penulis : Y Supriadi, MS Drajat, NL Saleh, ASN Huda
    58 Hubungan antara Aktivitas Stakeholder Relations dengan Citra Perusahaan
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 100-102, 2020
    Penulis : A Suryono, MS Drajat
    59 Community Information Group (KIM): Optimization of the Function of Dissemination of Government Programs
    Jurnal : 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 566-569, 2020
    Penulis : A Yuningsih, MH Fahmi, MS Drajat, E Setiawan
    60 Strategi Media Relations Pemerintah Kabupaten Bandung dalam Menangani Krisis Pandemi Covid-19
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 580-585, 2021
    Penulis : S Anugerah, MS Drajat
    61 Aktivitas Public Relations dalam Membina Hubungan dengan Karyawan melalui Program Pembinaan †œSehati†di Yayasan Kesehatan Telkom
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 545-556, 2021
    Penulis : FF Ramadhan, MS Drajat
    62 Marketing Public Relations Trans Studio Bandung pada Masa Pandemi Covid-19
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 737-742, 2021
    Penulis : AD Wahyudi, MS Drajat
    63 Pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 576-579, 2021
    Penulis : NN Sudrajat, MS Drajat
    64 Strategi Promosi Benua Music dalam Memasarkan Karya Musik Indie
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 725-728, 2021
    Penulis : MA Wahid, MS Drajat
    65 Hubungan Menonton Iklan Bukalapak di Youtube dengan Minat Mahasiswa Cianjur Berbelanja Online
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 1 (1), 1-7, 2021
    Penulis : BS Dianti, MS Drajat
    66 Service Communication On Unisba Student Satisfaction During The Covid-19 Pandemic
    Jurnal : Mediator: Jurnal Komunikasi 14 (2), 183-194, 2021
    Penulis : T Wiwitan, MS Drajat, N Nurrahmawati
    67 The Practice of'Aisyiyah Women's Community in Communicating during the Covid 19 Pandemic
    Jurnal : International Journal of Emerging Issues in Islamic Studies 1 (2), 28-39, 2021
    Penulis : DL Chaerowati, TM Umar, MS Drajat
    68 Strategi Public Relations Perusahaan dalam Membangun Stakeholders Relations
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2021
    Penulis : SE Fithri, MS Drajat
    69 Hubungan antara Komunikasi Nonverbal Pengajar dengan Motivasi Belajar Siswa
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat, 2021
    Penulis : ASN Huda, MS Drajat
    70 Kegiatan Komunikasi Manajemen Public Relations dalam Memperkenalkan Ikon Tempat Wisata
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat 7 (1), 259-262, 2021
    Penulis : AD Fahira, MS Drajat
    71 Hubungan antara Materi Dakwah Komunitas Jejak Shahabat dengan Pengetahuan Agama Islam Mahasiswa Universitas Islam Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat 7 (1), 8-14, 2021
    Penulis : AA Al-hafizh, MS Drajat
    72 Manajemen Isu tentang Pelayanan BPJS di Kota Bandung
    Jurnal : Prosiding Hubungan Masyarakat 7 (1), 254-258, 2021
    Penulis : S Indi, MS Drajat
    73 Kegiatan Marketing Pr Label Musik Digital Audio Tape Bandung
    Jurnal : Jurnal Riset Public Relations, 33-38, 2021
    Penulis : MF Ramadhan, MS Drajat
    74 Konstruksi Makna Bekerja Sukarelawan Kesehatan Mental sebagai Praktisi Public Relations Officer pada Yayasan Non Profit
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 411-421, 2022
    Penulis : AM Sidik, MS Drajat
    75 Pola Komunikasi Humas PMI di Masa Pandemi
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 225-236, 2022
    Penulis : A Muntazmahal, MS Drajat
    76 Penggunaan Aplikasi Non–Fungible Token (NFT) oleh Pedagang Pelukis di Kota Bandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 264-271, 2022
    Penulis : DH Sulistio, MS Drajat
    77 Aktivitas Komunikasi Toko Bakmie Feng dengan Konsumen
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 519-524, 2022
    Penulis : NR Hanimelya, MS Drajat
    78 Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Cicalengka Dreamland
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 664-671, 2022
    Penulis : MN Afifah, MS Drajat
    79 Manifestasi Pelestarian Seni Budaya Sunda Ditengah Pandemi Covid-19
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 484-489, 2022
    Penulis : A Novitasari, MS Drajat
    80 Aktivitas komunikasi Branding yang di lakukan oleh manajemen “Kopi Lain Hati Sukabumi
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 385-388, 2022
    Penulis : E Nurapriani, MS Drajat
    81 Aktivitas Public Relations Polda Jawa Barat dalam Menjalankan Event Bhayangkara Mural Festival 2021
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (2), 294-302, 2022
    Penulis : IA Permana, MS Drajat, M Si
    82 Aktivitas Public Relations Hotel Harper by Aston melalui Media Sosial di Masa Pandemi
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (1), 360-368, 2022
    Penulis : S Almyra, MS Drajat
    83 Digital Literacy of ‘Aisyiyah Women for Continuity of Communication in the Time of the Covid-19 Pandemic
    Jurnal : 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 398-403, 2022
    Penulis : DL Chaerowati, TM Umar, MS Drajat, DO Permana
    84 Strategi Marketing Public Relations dalam Meningkatkan Pengguna Jasa Event Organizer
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (1), 91-95, 2022
    Penulis : ATL Medananda, MS Drajat
    85 Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Memasarkan Produk Perhiasan
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (1), 84-90, 2022
    Penulis : RM Zein, MS Drajat
    86 Komunikasi Pemasaran Avvesome Project melalui Media Sosial Tiktok
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (1), 130-136, 2022
    Penulis : SF Sungkar, MS Drajat
    87 Aktivitas Public Relations Hotel X melalui Media Sosial di Masa Pandemi
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (1), 2022
    Penulis : MS Drajat
    88 Kegiatan Marketing Public Relations PT. X Bandung pada Program “Komunitas Siap Gerak”
    Jurnal : Jurnal Riset Public Relations, 23-30, 2022
    Penulis : NR Putri, MS Drajat
    89 Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Fertig. goods dalam Memasarkan Produknya
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 2 (1), 525-528, 2022
    Penulis : VA Nur, MS Drajat
    90 Media literation in preventing analysis in the spread of Covid-19 infodemic in Bandung City
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 649-652, 2022
    Penulis : Y Supriadi, MS Drajat, NL Saleh, ASN Huda
    91 Creative content digital literacy Community Information Group (KIM): Effects of information dissemination optimization training
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 599-604, 2022
    Penulis : A Yuningsih, F Darmawan, MS Drajat, E Setiawan
    92 Optimizing community channels and media for participatory rural development in Bumiwangi Village, Bandung
    Jurnal : Islam, Media and Education in the Digital Era, 561-567, 2022
    Penulis : DL Chaerowati, TM Umar, MS Drajat
    93 Digital Literacy of Santri Through Islamic Boarding School Culture
    Jurnal : KnE Social Sciences, 380–392-380–392, 2023
    Penulis : TM Umar, DL Chaerowati, MS Drajat
    94 Public Speaking of Regional Children's Forum (FAD) in West Java Province
    Jurnal : KnE Social Sciences, 1282–1290-1282–1290, 2023
    Penulis : R Rinawati, F Darmawan, D Fardiah, MS Drajat
    95 Digital Business Communication in Islamic Perspective on New Entrepreneurship in the Catering Service Sector
    Jurnal : KnE Social Sciences, 1541–1550-1541–1550, 2023
    Penulis : T Wiwitan, N Yulianita, A Yuningsih, O Kurniadi, MS Drajat
    96 Makna Rangkap Kerja Karyawan Di Sebuah Perusahaan
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (2), 2023
    Penulis : SAP Hendrawan, MS Drajat
    97 Aktivitas Komunikasi Digital Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung melalui Instagram
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (2), 508-515, 2023
    Penulis : MZA Rinaldi, MS Drajat
    98 AKTIVITAS PR PT. SUARA SANARA JUARA
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (2), 2023
    Penulis : A Rifayanti, MS Drajat
    99 Aktivitas Komunitas Sepeda dalam Gerakan Membangun Budaya Bersepeda di Kota Bandung
    Jurnal : Bandung Conference Series: Public Relations 3 (1), 133-141, 2023
    Penulis : A Rivandra, MS Drajat
    100 Hubungan Celebrity Endorser dengan Keputusan Pembelian Halosnap. Id di Media Sosial Instagram
    Jurnal : Jurnal Riset Public Relations, 61-68, 2023
    Penulis : A Sabilla, MS Drajat
  • 3.2. Scopus

    (data tidak ditemukan)

  • 3.3. WoS (Web of Science)

    (data tidak ditemukan)

  • 3.4. Buku

    (data tidak ditemukan)

  • 3.5. Garuda
    1 Pelayanan Publik pada Sektor Komunikasi
    Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba, 2008
    2 Pelayanan Publik pada Sektor Komunikasi
    Penerbit : FIkom Unisba, 2008
    3 Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Fertig.goods dalam Memasarkan Produknya
    Penerbit : UNISBA Press, 2022
    4 Kegiatan Marketing Public Relations PT. X Bandung pada Program “Komunitas Siap Gerak”
    Penerbit : UPT Publikasi Ilmiah Unisba, 2022
  • 4. Matakuliah - Dosen Mengajar TA 2024/2025

  • 4.1. Semester Ganjil
    1 HAC104 - Pendekatan & Teknik Komunikasi
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : F
    2 HAC104 - Pendekatan & Teknik Komunikasi
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : J
    3 HAC302 - Identitas dan Reputasi Korporat
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : A
    4 HAC492 - Seminar Proposal
    SKS : 3
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : AH
    5 HAC493 - Skripsi
    SKS : 6
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : AH
  • 4.2. Semester Genap
Profil Dosen